WFH Lagi, Begini 7 Ide Menata Meja Kerja Di Rumah

desain-meja-kerja-untuk-wfh

Entah sudah berapa kali kita menghadapi keadaan di mana kita harus membatasi kegiatan dan aktifitas sosial. Jika tahun lalu ada PSBB, maka tahun ini diberlakukan PPKM yang mungkin lebih ketat dari tahun sebelumnya. Dalam menghadapi jumlah kasus Covid-19 yang terus meningkat, banyak perusahaan atau peguasaha yang lebih memilih kebijakan untuk work from home. Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan istilah WFH, tentu saja cara ini memang terbukti efektif untuk mengurangi jumlah penyebaran virus namun tetap produktif dari rumah.

Beruntung bagi kalian yang masih diberi kesehatan dan mampu bekerja dari rumah, meskipun membawa pekerjaan ke rumah sebenarnya tidak semudah yang dibayangkan. Kadang kita sering merasa jenuh dengan situasi terutama saat menyelesaikan setiap pekerjaan. Tentunya ada beberapa faktor yang bisa menjaga mood kamu agar lebih efisien dalam bekerja, salah satunya adalah ruang kerja yang nyaman dan kondusif.

Diantara sekian banyak desain ruang kerja, meja kerja adalah faktor penting yang menunjang kualitas pekerjaan dan dapat meningkatkan produktivitas kamu dalam bekerja. Coba bayangkan, meja kerja yang berantakan tentu dapat menggangu konsentrasimu bahkan bisa membuat stres. Nah, berikut ini 7 ide menata meja kerja yang bisa kamu coba di rumah.

1. Berikan tema untuk menghidupkan suasana

Ruang kerja bisa terlihat lebih menarik dengan tema yang tepat. Sesuaikan dengan gaya dan kepribadianmu lalu aplikasikan ke meja kerja. Kamu bisa membuatnya klasik, modern, atau memberikan sedikit sentuhan liburan ke meja kerjamu. Beberapa aksesori liburan, lampu gantung rotan, atau perabot bernuansa cerah terlihat bagus untuk ruang kerja.

desain-meja-kerja-bertema-bohemian

2. Karpet yang menambah kenyamanan

Karpet yang nyaman bisa digunakan sebagai alas meja kerja. Selain membuat kamu betah dan menjagamu tetap hangat, desain karpet ini membuat ruang kerja makin terlihat estetik.

3. Mengatur ulang ruang kerja dan sistem penyimpanan

Kamu dapat memanfaatkan ruang kosong di dekat jendela sebagai ruang kerja di rumah. Cara ini sangat efetif untuk ruang sempit. Sementara untuk sistem penyimpanan kamu bisa menggunakan buil-in shelves, meja organizer atau rak penyimpanan tambahan di meja kerja.

4. Barang pribadi yang membuat makin semangat

Kadang hanya dengan melihat foto keluarga atau orang yang kita sayang sudah lebih dari cukup untuk membuat kita makin semangat dalam bekerja. Kehadiran barang-barang ini bersifat personal yang mampu memberi energi positif di meja kerja.

5. Hiasi dengan tanaman hias dalam ruangan

Menghadirkan nuansa hijau dan tanaman dalam ruangan terbukti mampu meningkatkan produktifitas pekerjaan hingga 15 %. Tanaman hias ini selain mempercantik ruang kerja, juga membantu memperbaiki kualitas udara di sekitar meja sekaligus membuat perasaan terasa rileks.

6. Berikan pencahayaan alami

Membiarkan sinar matahari alami masuk ke ruang kerja juga membantu membuat pikiran kamu makin fresh. Tambahkan jendela di dekat meja kerja yang memungkinkan sinar matahari masuk secara alami, sementara saat sore hari kamu bisa melihat keluar ruangan ketika merasa penat dengan pekerjaan.

desain-meja-kerja-dengan-jendela-terbuka

7. Gunakan sticky notes

Banyak orang sering lupa karena kurang konsentrasi dengan pekerjaan mereka. Untuk menghindarinya, kamu bisa gunakan sticky notes sebagai catatan dinding atau mengingatkan tentang beberapa detail-detail penting. Tak hanya sebagai memo saja, kehadiran sticky notes yang berwarna-warni akan membuat meja kerja makin rapi dan menarik.

ide-meja-kerja-dengan-sticky-note

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *