Untuk Hari Spesial, 20 Ide Dekorasi Pernikahan Bernuansa Tradisional

dekorasi-pernikahan-outdoor-keren-adat-jawa

Seperti adat dan kebiasaan yang berbeda di setiap daerah, ide pesta pernikahan tradisional ini menjadikan hari spesial kamu terasa semakin berkesan. Dari Sabang sampai Merauke, tiap daerah punya tradisi dalam melangsungkan perkawinan. Pengaruh budaya di masa lampau inilah yang ikut memberi kontribusi dalam penggunaan atribut dekorasi pelaminan tradisional yang menjadi ciri khasnya masing-masing.

Seakan tak pernah lekang oleh waktu, pelaminan tradisional sering menjadi pilihan utama setiap pasangan yang ingin melangsungkan pernikahan. Karena pernikahan adalah suatu momen yang sakral dan suci, dan diharapkan hanya berlangsung sekali seumur hidup, maka sebaiknya gunakan tema adat tradisional yang menunjukkan akar budaya daerah kamu berasal.

Di tengah perkembangan zaman yang semakin modern, pernikahan tradisional menjadi kebanggaan tersendiri untuk mengingat dari mana kamu berasal untuk diterapkan sebagai dekorasi pernikahan. Saat ini dekorasi pernikahan tradisional juga menyesuaikan dengan tren masa kini, sehingga kesan kaku dan kuno yang dulu mungkin terlihat sudah tidak ada lagi. Nah, berbagai contohnya bisa kamu lihat di bawah ini.

dekorasi-pernikahan-outdoor-khas-jawa

Pernikahan tradisional dari berbagai daerah

Tidak bisa dipungkiri, pengaruh budaya dan adat di masa lalu masih mengakar hingga saat ini. Pernikahan dengan adat tradisional tidak hanya melestarikan budaya daerah tetapi juga sebagai pengingat dari mana kamu berasal. Sebagai contoh, pernikahan adat Jawa bernuansa klasik menggunakan gebyok dengan ukiran kayu yang khas, pernikahan Minang yang banyak detail emas, pernikahan adat Bugis dengan warna-warna berani, dan pernikahan adat Bali yang kental dengan nuansa etnik. Dari sekian banyak pernikahan adat Tradisional, ada satu kesamaan yaitu menghadirkan kesan yang megah dan mewah dalam setiap dekorasinya. Bahkan, tidak sedikit dekorasi pernikahan tradisional memiliki makna simbolik yang menjadi pegangan hidup yang kelak akan dijalani oleh kedua mempelai.

ide-pernikahan-tradisional-khas-lampung

Tema pernikahan tradisional yang lebih modern

Jika dahulu pernikahan adat Tradisional terkesan kaku dan kuno, maka sekarang tema pernikahan ini banyak mengalami penyesuaian dengan gaya yang lebih modern. Kini, pernikahan tradisional terasa lebih fleksibel dan dapat dipadukan dengan nuansa lain seperti modern, minimalis, bahkan Skandinavia. Pernikahan tradisional tidak melulu harus terkesan membosankan, justru elemen tradisional yang sarat dengan warna dan budaya menjadikan pesta pernikahan ini semakin kaya dan unik.

dekorasi-pernikahan-tradisional-jawa-bernuansa-alami

Memilih ide pernikahan tradisional

Menggunakan dekorasi pernikahan tradisional tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi para pasangan pengantin karena menunjukkan identitas budaya yang dimilikinya. Jadi, ketika kamu juga ingin menerapkan tema ini di pesta pernikahan, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Seperti yang kita tahu, tema pernikahan harus sesuai dengan adat daerahmu masing-masing. Namun, kamu masih bisa memadukannya dengan unsur modern atau yang sedang tren saat ini. Gunakan warna-warna berani seperti merah, ungu, dan emas yang dipadukan dengan elemen kayu dan ukiran-ukiran indah pada dekorasi pelaminan. Jangan lupa peranan pendukung seperti dekorasi centerpiece dan photo booth yang akan menangkap setiap momen pernikahan yang berlangsung.

Nah, berikut ini lebih banyak ide pernikahan tradisional yang bisa jadi referensi kamu berikutnya!

ide-pernikahan-modern-tradisional

ide-dekorasi-pernikahan-tradisional-minang

dekorasi-pernikahan-jawa-elegan

dekorasi-pelaminan-dan-pernikahan-tradisional

ide-pernikahan-jawa-bernuansa-terbuka

ide-pernikahan-tradisional-khas-bali

dekorasi-pernikahan-tradisional-dengan-hiasan-bunga

ide-pernikahan-adat-palembang

dekorasi-pelaminan-jawa-dengan-konsep-kayu

ide-pernikahan-adat-palembang-bernuansa-tradisional

dekorasi-pernikahan-adat-jawa

ide-pernikahan-dengan-perpaduan-adat-jawa-dan-lampung

pernikahan-adat-minang-bergaya-minimalis

pernikahan-tradisional-dengan-konsep-kekinian

ide-pernikahan-adat-medan-dan-padang

pernikahan-adat-jawa-dengan-kebaya-modern

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *