8 Cara Kreatif Mendesain Ruang Kerja di Rumah

Ingin membangun ruang kerja di rumah? Di era pandemi yang masih berlangsung, banyak orang kehilangan pekerjaan dan sumber mata pencaharian. Namun bagi mereka yang kreatif pandemi ini bukan halangan untuk tetap bisa tetap bekerja. Apalagi kita sekarang hidup di zaman digital di mana semua hal bisa dilakukan berkat internet.

Bagi kamu yang saat ini bekerja di rumah, tentu saja kamu butuh desain ruang kerja yang nyaman agar kamu selalu produktif dan fokus pada apa yang sedang kamu kerjakan. Tren ruang kerja di rumah sudah menjadi hal yang umum, bahkan semakin tahun akan banyak orang yang mulai berpikir untuk memiliki setidaknya satu ruang  kerja di rumah.

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika memiliki ruang kerja di rumah, selain kamu bisa mendesain ruang kerja sesuai dengan style dan ekspektasimu, tidak ada batasan di mana kamu bisa menempatkan ruang kerja. Posting kali ini kami ingin berbagi 8 cara kreatif yang harus kamu tahu untuk membangun ruang kerja di rumah. Ingin tahu tips apa saja? Ikuti terus penelusuran kami.

1. Ruang kerja praktis di area apapun

Sebelum kamu menentukan desain ruang kerja, pastikan dulu di area mana kamu ingin membangun ruang kerja. Namun kamu juga harus menyesuaikannya dengan kebutuhan personal, apakah kamu akan menggunakannya seharian atau hanya beberapa jam dalam sehari. Tidak harus menyediakan ruangan khusus, kamu bahkan bisa memanfaatkan area yang sudah ada dan memadukannya dengan ruang kerja. Sebagai contoh kamu bisa membuat ruang kerja di ruang tamu, dapur, atau bahkan kamar tidur.

2. Papan dinding serbaguna

Manfaatkan area kosong dinding menjadi area yang serbaguna. Kamu bisa menempelkan banyak hal di area ini seperti catatan, foto, bahan-bahan makalah atau apapun itu yang bisa mendukung suskesnya pekerjaan kamu. Buat area khusus di dinding dekat dengan ruang kerja, kamu bisa membuatnya dari papan, kayu, atau membuatnya dari wallpaper khusus.

3. Ciptakan area santai dekat jendela

Kadang rasa jenuh dan bosan selalu datang di tengah-tengah pekerjaan. Saat itu terjadi ada baiknya kamu menghentikan sejenak semua kegiatan dan sedikit bersantai. Agar konsentrasi kamu tetap terjaga, sebaiknya ciptakan area yang nyaman di dekat ruang jendela. Cara terbaik kamu bisa membuat area santai dengan tempat duduk di dekat jendela.

4. Ruang kerja di area tak terduga

 

Ruang kerja di rumah terkadang memakan banyak tempat, dan jika kebetulan kamu tidak punya ruangan ekstra di rumah maka kamu perlu memikirkan area lainnya yang masih bisa dimanfaatkan sebagai ruang kerja. Coba pikirkan lagi area mana di rumah yang masih memungkinkan untuk menempatkan meja dan kursi kerja kamu, sudut ruangan, loteng, hingga area di bawah tangga bisa kamu jadikan area alternatif.

5. Biarkan cahaya alami masuk ke dalam

Membiarkan cahaya alami masuk ke ruang kerja kamu ternyata punya banyak manfaat. Usahakan meja kerja atau meja komputer berada di dekat jendela, namun usahakan juga sinar matahari tidak memantul melalui layar monitormu. Kamu bisa memilih membiarkan ruang kerja kamu terbuka atau menambahkan tirai ketika kamu mulai merasa terganggu dengan cahaya yang menyilaukan.

6. Tambahkan papan memo yang stylish

Pekerjaan kamu punya banyak catatan-catatan penting? Agar nggak bikin pusing sebaiknya kamu perlu membuat papan memo untuk mengatur semuanya. Papan memo atau papan buletin berfungsi sangat praktis untuk menyimpan to-do-list, memo, catatan, atau bahkan perlengkapan kantor kamu.Tak hanya sangat membantu dalam pekerjaan, papan memo dirancang stylish juga akan menambah estetika ruang kerja kamu.

7. Hangatkan dengan karpet yang nyaman

Ruang kerja di rumah memang sudah seharusnya dibuat senyaman mungkin sesuai keinginanmu. Ruang kerja yang nyaman akan terasa dan sangat membantu untuk meningkatkan produktivitas pekerjaan kamu. Itulah mengapa menambahkan aksesoris atau furnitur yang nyaman seperti karpet lantai dengan motif dan bahan yang lembut akan membuat kamu bisa betah bekerja seharian.

8. Tanaman dalam ruangan

 

Di list terakhir, kami punya tanaman hijau yang akan menyegarkan suasana ruang kerja di rumah. Ada banyak manfaat yang bisa kamu peroleh dengan tanaman dalam ruangan ini, selain untuk mempercantik ruang kerja, tanaman hijau juga dapat membantu kamu bisa tetap fokus lho. Cobalah memilih tanaman hias yang mudah dalam perawatan dan tidak terlalu memakan banyak space di area kerja kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *