Cara Mudah Memelihara Ikan Mas Koki Di Aquarium

desain-aquarium-ikan-mas-koki-di-rumah

Bagi pecinta ikan hias, tentunya sudah tidak asing lagi dengan ikan mas koki. Selain bentuknya yang lucu serta warnanya yang menarik, ikan mas koki termasuk ke dalam jenis ikan yang mudah perawatannya. Namun, entah mengapa banyak orang sering mengalami kesulitan ketika ingin memeliharanya. Selain ikan koki yang mudah mati, berbagai penyakit sering kali menyerang jenis ikan yang satu ini.

Nah, salah satu hal dasar ikan koki kamu bisa bertahan hidup lama dan sehat adalah membuat aquarium yang indah, bersih, dan memiliki sistem filtrasi yang baik. Metode pemeliharaan ikan koi sendiri sangat beragam tetapi yang paling sering menjadi kendala utama yaitu masalah air.

Khusus bagi pemula memelihara ikan koki akan sering menemui kendala, solusinya kamu harus membuat desain aquarium serta menambahkan beberapa elemen lainnya agar ikan koki dapat tumbuh dengan sehat seperti di habitat aslinya. Jika kamu tertarik untuk memelihara ikan ini di dalam aquarium, berikut beberapa tips dan ide membuat aquarium ikan mas koki dan cara perawatannya.

akuarium-ikan-mas-koki-dengan-tanaman-air

Mengenal Ikan Mas Koki

Meskipun namanya hampir serupa, ikan mas koki sangat berbeda dengan jenis ikan koi yang dipelihara di kolam besar. Ikan hias dengan nama ilmiah Carassius Auratus merupakan ikan air tawar yang berasal dari familia Cyprinidae serta Ordo Cypriniformes. Ikan mas koki ini telah banyak dibudidayakan di Indonesia, memiliki penampilan tubuh bulat dengan sirip ekor ganda. Makanan utamanya adalah serangga, krustasea, dan beberapa tumbuhan air. Seperti kebanyakan jenis ikan hias, ikan koki merupakan ikan yang terus menerus makan, sehingga kamu perlu membatasi jumlah makanannya.

cara-memelihara-ikan-koki-di-aquarium

Desain Aquarium Ikan Mas Koki

Mungkin kamu sering menemui ikan mas koki sering kali mati saat dipelihara di aquarium. Jadi, ketahui dulu faktor apa yang menyebabkannya? Faktor air yang buruk sering kali menjadi penyebab ikan mas koki tidak bisa bertahan hidup. Ikan koki sangat peka terhadap kandungan nitrit dan amonia yang terlarut dalam air, kurangnya pemberian oksigen dalam aquarium, atau kelebihan zat-zat yang kotor juga menjadi penyebab kematian ikan koki. Untuk mendapat desain aquarium yang baik untuk kesehatan ikan koki, ada beberapa hal yang harus kamu tahu seperti menambahkan filter air, aerator, dan lampu.

Filter air sangat penting untuk menjaga kualitas air tetap bersih, meminimalisir jenis kotoran yang ada, serta dapat melarutkan nitrit dan amonia dalam air. Ikan mas koki membutuhkan oksigen lebih banyak dari jenis ikan hias pada umumnya, jadi aerator akan membantu untuk menciptakan gelembung oksigen dalam air. Terakhir, lampu menciptakan simulasi antara malam dan siang yang mana mengatur keseimbangan ekosistem ikan mas koki di dalam aquarium.

desain-aquarium-ikan-koki-estetik

Dekorasi Aquarium Ikan Mas Koki

Tidak hanya sekedar mempercantik tampilan aquarium, kamu perlu menambahkan dekorasi bawah air agar ikan mas koki merasa nyaman hidup di dalamnya. Pastikan hiasan atau dekorasi tidak terlalu berlebihan dan aman untuk ikan koki. Jika kamu ingin menambahkan tanaman air atau membangun aquascape, pilih jenis tanaman yang tidak terlalu rimbun agar tidak membatasi gerak ikan di dalam aquarium.

Desain aquarium ikan koki sendiri tergantung selera kamu. Itu bisa berbentuk persegi panjang, kotak, atau bahkan memeliharanya dalam toples kaca. Kamu hanya perlu mengutamakan faktor kebersihan air yang didukung oleh sistem filtrasi yang baik, aerator, dan pencahayaan yang tepat. Namun, sebagus apapun aquarium yang kamu miiliki tetap saja disarankan pergantian air aquarium secara berkala.

aquarium-ikan-mas-koki-dengan-area-penyimpanan

ide-aquascapee-ikan-mas-koki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *