15 Inspirasi Sudut Baca Mungil Untuk Si Kecil

inspirasi-sudut-baca-anak

Sebagai orang tua, kita wajib menanamkan kecintaan pada buku kepada anak-anak kita. Membaca buku tentu punya banyak manfaat untuk perkembangan si kecil, seperti memperluas jangkauan kosakata dan membantu mereka dalam memahami berbagai hal. Namun, di era teknologi yang semakin berkembang, di mana layar langsung bisa menarik perhatian si kecil, hal ini seperti menjadi tantangan bagi kita semua.

Gerakan cinta membaca dapat dimulai dari sudut terkecil di rumah, itu adalah tempat termudah untuk memulai kecintaan membaca dalam kenyamanan rumah kamu sendiri. Mungkin itulah alasan mengapa memiliki sudut baca sangat penting. Si kecil akan merasa nyaman dengan buku favorit mereka, sementara bagi orang tua akan memberi waktu tenang saat ingin bersantai.

Kamu pasti punya tempat kecil di bawah tangga yang hanya muat bantal, atau area di sudut kamar yang penuh dengan mainan? Ubah area tersebut menjadi sudut membaca dan tempat bermain yang praktis. Dan bahkan jika keluarga kamu bukan termasuk yang hobi membaca, jangan panik. Sudut baca masih merupakan tempat yang bagus untuk bersantai atau area tidur siang yang nyaman.

Berikut ini kami telah mengumpulkan 15 inspirasi sudut baca mungil yang kami yakin akan menjadi tempat favorit semua orang di rumah.

1. Menambahkan ruang baca ke kamar tidur atau ruang bermain anak memberi si kecil lebih banyak aktifitas yang bermanfaat. Letakkan kasur lantai dan karpet yang akan membuat mereka nyaman sepanjang hari.

ide-sudut-baca-anak-bergaya-lesehan-dengan-karpet-nyaman

2. Sudut tersempit dari rumah pun dapat diubah menjadi sudut baca yang nyaman. Hanya menambahkan alas lantai sederhana dan beberapa rak buku di dinding yang mudah dijangkau oleh si kecil.

desain-sudut-baca-mungil-dengan-rak-dinding

3. Agar sudut mungil terasa menyenangkan, kamu juga bisa menambahkan kanopi di area membaca.

sudut-baca-cantik-dengan-tirai

4. Tambahkan pencahayaan ekstra untuk kenyamanan si kecil saat membaca. Beberapa lampu senar tepat di atas kepala adalah ide yang bagus.

desain-sudut-baca-nyaman-untuk-anak-dengan-lampu-senar

5. Desain sudut baca ini sangat indah yang membuat setiap anak akan menyukainya. Tambahkan tema atau buat nuansa netral dengan pilihan warna abu-abu.

ide-sudut-baca-anak-bernuansa-abu-abu

6. Sebuah sudut membaca tersembunyi adalah impian setiap anak. Kamu bisa menciptakan sudut baca built-in yang menyatu ke area dinding.

sudut-baca-anak-tersembunyi-di-dalam-lemari

7. Tidak jarang si kecil akan merasa bosan saat di suruh membaca buku di dalam rumah. Untuk menyiasatinya kamu bisa membuat sudut baca yang terhubung ke luar ruangan.

sudut-baca-anak-yang-terhubung-keluar-ruangan

8. Punya banyak koleksi buku? Kamu bisa mencoba membuat perpustakaan dinding untuk si kecil. Jangan lupa sebuah kursi ramah anak lemgkap bantal kursi yang menggemaskan.

sudut-baca-anak-keren-dengan-kursi-dan-rak-buku

9. Untuk anak laki-laki dan perempuan, kamu bisa membuat konsep sudut membaca seperti ini. Kamu bisa membagi rak buku atau menambahkan tirai seperti rumah bermain agar makin menarik.

ide-sudut-baca-untuk-anak-laki-laki-dan-perempuan

10. Kalau ini sudut membaca sekaligus rumah bermain. Selain di dalamnya terdapat rak buku, kamu juga bisa menciptakan area bermain untuk si kecil.

desain-sudut-baca-sekaligus-rumah-bermain

11. Ini adalah sudut baca favorit kami. Menerapkan gaya minimalis dengan sentuhan bohemian yang elegan seperti terlihat pada pemilihan kasur lantai, aksesori dinding, hingga hiasan lampu gantung.

sudut-baca-anak-bergaya-bohemian

11. Untuk membuat si kecil makin semangat saat membaca, sebaiknya pilih dekorasi yang cerah seperti memilih warna dinding atau furnitur berwarna kuning. Kamu juga bisa membuat ruangan ini terbuka dengan membiarkan sinar matahari masuk secara alami.

ide-sudut-baca-cerah-dengan-warna-kuning

12. Jika kamu punya ruang khusus yang tak terpakai, kamu bisa membuat ruangan yang memang digunakan khusus untuk membaca. Tambahkan tirai pada pintu masuk untuk memberi si kecil privasi dan menghindari gangguan dari luar.

desain-ruang-baca-anak-dengan-tirai

14. Sudut baca ini sangat cantik dengan pemilihan warna dinding krem dan kursi ayunan yang nyaman. Sangat cocok untuk gadis kecil yang benar-benar suka membaca.

ide-sudut-baca-dengan-kursi-gantung-nyaman

15. Jika ruangan kamu terbatas, kamu tetap dapat membuat sudut baca yang menyatu dengan kabinet atau meja belajar.

desain-sudut-baca-sekaligus-kabinet

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *