10 Jenis Tanaman Aglonema Paling Cantik Untuk Hunian

koleksi-tanaman-aglonema

Bicara tentang tanaman hias terbaik untuk rumah, aglonema sudah pasti masuk dalam daftar ini. Tanaman ini memang sudah lama dikenal dan digemari oleh banyak orang, perawatan yang mudah serta corak daun yang indah membuat siapapun jatuh cinta untuk mengoleksinya. Di Indonesia sendiri tanaman aglonema memiliki setidaknya 30 spesies namun ada beberapa jenis tanaman saja yang paling banyak digemari karena popularitasnya.

Tanaman yang punya sebutan ratu daun ini juga cukup mudah diperbanyak, kamu bisa melakukannya lewat stek batang atau memotong anakan dari aglonema saat sudah tumbuh dewasa. Selain mempercantik hunianmu, percaya atau tidak tanaman aglonema juga membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Nah, bagi kamu yang saat ini sedang mencari referensi tanaman hias paling cantik untuk hunianmu, jenis tanaman aglonema ini harus ada dalam daftar pencarianmu. Berikut 10 jenis tanaman aglonema terbaik yang mungkin kamu tertarik untuk memilikinya.

1. Aglonema Dud Anjamani

Jika kamu mencari tanaman aglonema yang cantik namun dengan budget terbatas, aglonema dud anjamani bisa jadi pilihan terbaik. Memiliki bentuk daun bulat meruncing yang didominasi oleh merah muda dengan bingkai berwarna hijau. Tanaman ini tergolong cukup terjangkau dengan bentuk yang tidak kalah cantik dengan jenis aglonema lainnya.

aglonema-dud-anjamani

2. Aglonema Lady Valentine

Tanaman ini melambangkan cinta dan kasih sayang. Aglonema lady valentine sekilas mirip dud anjamani tetapi warna daunnya lebih muda. Bagian tulang daunnya terlihat jelas dengan semnurat warna hijau dan memiliki bentuk daun yang lebih panjang dan sedikit bergelombang. Tanaman ini sangat cantik dijadikan dekorasi Valentine atau sebagai kado pernikahan.

aglonema-lady-valentine

3. Aglonema Moonlight

Aglonema Monnlight sering disebuat sebagai tanaman terbaik Indonesia. Memiliki bentuk daun berwarna hijau keputihan dengan tulang daun berwarna merah. Daunnya bulat sedikit memanjang mirip seperti mangkok. Tanaman ini jika terkena cahaya akan membentuk tekstur daun yang unik karena daunnya yang bergelombang.

aglonema-moonlight

4. Aglonema Tiara

Aglonema tiara tergolong jenis tanaman yang cukup mahal tetapi karena bentuk daunnya yang indah tetap banyak orang yang menjadikannya koleksi. Tanaman ini memiliki bentuk yang teratur dan pastinya mudah ditaruh di taman rumah kamu. Daunnya berwarna hijau tebal dengan bercak merah menyala di bagian tengahnya.

jenis-tanaman-aglonema-tiara

5. Aglonema Widuri

Aglonema widuri memiliki ciri warna merah menyala pada tulang daunnya. Warna merah itu dihiasi dengan hijau kekuningan di keseluruhan daun. Bentuk daunnya pun oval sedikit cekung di bagian tengahnya. Jenis ini sangat indah dan mudah dalam perawatan sangat cocok bagi kamu yang masih pemula.

jenis-tanaman-aglonema-widuri

6. Aglonema Adelia

Aglonema adelia termasuk jenis tanaman yang bisa tumbuh hingga mencapai 30 cm jika ditanam di tanah subur. Bentuk daunnya melebar dari pangkal batang dan merucing di bagian ujung. Warna daunnya hijau dengan bercak merah yang sangat tidak rata. Tanaman ini tidak bisa terkena papara sinar matahari secara langsung dengan penyiraman secara berkala dengan instensitas air sedang.

tanaman-aglonema-adelia

7. Aglonema Bidadari

Seperti namanya, aglonema bidadari benar-benar memiliki warna daun yang cantik bak bidadari. Warna daunnya adalah perpaduan dari hijau dan merah muda. Sedangkan bagian batangnya berwarna merah. Daunnya memiliki ujung yang meruncing dan tulang-tulang daunnya memiliki garis yang tegas. Jenis yang satu ini juga memiliki daun yang tumbuh tidak beraturan sehingga terlihat begitu rimbun.

tanaman-aglonema-bidadari

8. Aglonema Claudia

Sedikit berbeda dengan jenis tanaman aglonema lainnya, aglonema claudia punya warna hijau pucat dan tulang daun merah muda. Namun, semua daunnya akan tumbuh dengan teratur. Aglonema ini juga cukup mudah dirawat dengan penyiraman dan pemupukan secara rutin. Jika kamu suka tanaman berdaun hijau, aglonema claudia adalah yang kamu cari.

tanaman-aglonema-claudia

9. Aglonema Legacy

Aglonema legacy merupakan perpaduan warna hijau pada daun dan merah yang lebih gelap pada tulang daun. Bentuk daunnya lonjong dan meruncing pada bagian ujungnya. Pada beberapa bibit tanaman jenis ini, daunnya memiliki semburat berwarna putih sehingga tampilannya menjadi lebih lembut.

tanaman-aglonema-legacy

10. Aglonema Pride Of Sumatera

Disebut aglonema pride of sumatera karena memang tanaman ini berasal dari sana. Tanaman ini punya bentuk yang sangat kokoh. Bentuknya daunnya memanjang dengan perpaduan warna merah dan hijau gelap. Tanaman ini semakin terlihat eksotis karena ada bercak di bagian daun.

tanaman-aglonema-pride-of-sumatera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *