15 Dekorasi Tempat Wudhu Di Rumah Yang Menginspirasi

desain-tempat-wudhu-minimalis

Rumah yang indah adalah rumah yang selalu membuat penghuninya merasa nyaman, damai dan penuh kebahagiaan. Dan kunci kebahagiaan adalah dekat kepada Tuhan, itulah alasan biasanya di setiap rumah dibangun mushola kecil atau ruang sholat minimalis.

Sebagai bagian tak terpisahkan dari mushola rumah minimalis, seharusnya di bangun tempat wudhu yang terhubung ke ruang sholat kamu. Area ini biasanya dekat dengan ruang sholat dan berada di dalam rumah, namun tidak semua orang benar-benar memikirkan area ini dengan serius. Bagi kamu yang beruntung tinggal di pedesaan mungkin sudah tidak asing dengan tempayan tanah liat yang sering digunakan sebagai tempat wudhu. Entah mengapa tempayan air ini selalu memberi rasa segar dan nyaman ketika kita ingin berwudhu.

Nah, lalu bagaimana jika kamu tinggal di hunian minimalis atau perkotaan? pastinya suasana segar pedesaan dan segarnya air dari tempayan tidak bisa kamu rasakan. Kamu bisa menyiasatinya dengan membangun tempat wudhu dengan gaya alami, atau sesuai selera kamu agar lebih indah dipandang di mata, lalu buat pengaturan tepat wudhu yang dekat dengan ruang sholat dan pastikan sumber air benar-benar bersih untuk menigkatkan kualitas ibadahmu.

Area terbaik untuk tempat wudhu

Tidak ada aturan di mana kamu harus membangun tempat wudhu, tetapi usahakan berdekatan dengan ruang mushola itu sendiri. Mungkin banyak diantara kita yang menjadikan kamar mandi sekaligus tempat wudhu, sebenarnya kamar mandi sangat tidak disarankan karena kita tidak tahu area yang terdapat najis atau hal yang sejenisnya. Tempat wudhu bisa dibangun di area terbuka, bahkan bisa berada di taman dalam rumah, atau area-area dengan konsep terbuka seperti ruang cuci atau halaman belakang rumah. Suasana terbuka ini menciptakan kesan alami untuk ruang mushola sekaligus tempat wudhu kamu.

area-wudhu-dengan-tema-batu-alam

Tempat wudhu di dalam rumah

Saat ini banyak orang muslim membangun ruang sholat atau ruang mushola yang terhubung dengan rumah mereka. Dengan mendirikan solat, kita akan selalu merasa tenang dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Itulah mengapa sebuah keluarga yang mengutamakan sholat akan selalu merasa bahagia dan tenang dalam menjalani hidup. Tempat wudhu di dalam rumah tidak kalah penting seperti halnya ruang mushola, area ini adalah tempat kamu mensucikan diri dengan membasuh air sesuai tuntunan untuk kemudian menjalankan sholat. Desain tempat wudhu yang indah juga dapat meningkatkan estetika interior kamu secara keseluruhan.

dekorasi-tempat-wudhhu-dan-mushola-di-rumah

Tempat wudhu minimalis

Keterbatasan ruang adalah kendala yang sering dialami bagi kamu yang ingin membangun tempat wudhu dalam rumah. Mungkin saat ini kamu sudah punya ruang sholat namun ruangan di rumah kamu tidak memungkinkan untuk sebuah tempat wudhu. Jadi, apa yang harus dilakukan? Sebagian besar dari ide tempat wudhu di rumah ini dirancang minimalis dan berusaha tidak memakan banyak tempat. Manfaatkan setiap inchi yang ada dengan membangun tempat wudhu minimalis agar memudahkan kamu saat ingin berwudhu dengan banyak inspirasi tempat wudhu untuk ruang kecil.

desain-tempat-wudhu-dan-mushola-minimalis

Tempat wudhu yang terinspirasi alam

Hadirkan nuansa alami ke tempat wudhu kamu dengan inspirasi dari alam. Mulai dari batu alam, taman, hingga fitur air yang menyegarkan. Kamu bisa membuatnya terbuka dengan penataan taman minimalis yang indah, tentu saja kesan alami ini akan membuat kamu makin semangat dalam berwudhu untuk melaksanakan kewajiban sholat.

desain-tempat-wudhu-dengan-area-laundri-dan-taman

ide-mushola-dan-tempat-wudhu-bernuansa-alami

ide-ruang-cuci-sekaligus-tempat-wudhu

ide-tempat-wudhu-dengan-ruang-cuci

ide-tempat-wudhu-sederhana-dalam-rumah

taman-dalam-rumah-dengan-tempat-wudhu-alami

tempat-wudhu-dalam-ruangan-dengan-dinding-batu

tempat-wudhu-dalam-rumah-bergaya-minimalis

tempat-wudhu-dalam-rumah-bernuansa-pink

tempat-wudhu-dalam-rumah-dengan-rumput-sintetis

tempat-wudhu-minimalis-dengan-nuansa-luar-ruangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *