Hemat Ruang, 20 Ide Dapur Bawah Tangga Yang Fungsional

ide-dapur-bawah-tangga-dan-kitchen-set-modern

Keterbatasan lahan sering kali menjadi masalah yang sering dihadapi, apalagi jika kamu tinggal di apartemen atau hunian mungil di kawasan perkotaan yang notabene sudah cukup padat. Solusinya, banyak orang memilih untuk menambahkan lebih dari satu lantai atau membangun rumah tingkat. Meskipun rumah tingkat dianggap sebagai cara yang praktis untuk menambah lebih banyak ruang, nyatanya anggaran yang dikeluarkan juga tidak sedikit dan masih belum memenuhi kriteria rumah idaman.

Kini kamu bisa memanfaatkan setiap ruang yang ada ketika tinggal di rumah kecil, dan ruang di bawah tangga bisa menjadi tempat yang dapat menampung semuanya, misalnya lemari, ruang rias, atau bahkan dapur. Menambahkan dapur di bawah tangga atau di dalamnya terbukti efektif menghemat banyak ruang. Selain keren, dapur bawah tangga meningkatkan desain kamu ke tingkat yang selanjutnya sehingga lebih disesuaikan.

Penasaran seperti apa ide dapur bawah tangga yang cocok untuk rumahmu? Berikut beberapa tips dan contoh membuat dapur bawah tangga impian kamu. Yuk, gulir ke bawah!

desain-dapur-bawah-tangga-bernuansa-putih-minimalis

Tata letak dapur bawah tangga

Saat kamu ingin membuat dapur dapur di bawah tangga, sebaiknya sesuaikan dulu dengan konsep ruangan yang kamu miliki. Tergantung pada ruangannya, misalnya dapur dapat dirancang pada satu dinding lemari linier dengan semua peralatan terpasang di dalamnya. Dapur berbentuk huruf L juga bagus jika kamu memiliki cukup ruang untuk dua baris lemari. Jika ada lebih banyak ruang, sebuah pulau dapur dapat ditambahkan secara melintang, bahkan pulau dapur yang dilengkapi roda terasa lebih praktis untuk lebih banyak ruang ekstra.

dekorasi-dapur-bawah-tangga-bergaya-abad-pertengahan-modern

Ide dapur di bawah tangga

Dapur atau bagiannya dapat langsung dibangun tepat di dalam tangga tetapi konstruksinya harus memungkinkan hal tersebut, jadi mungkin ini harus menjadi solusi yang sudah diperkirakan sebelumnya. Tangga seperti itu akan memamerkan lemari dan laci built-in yang terlihat seperti laci ramping atau seperti lemari dapur biasanya, tergantung desain tangga yang kamu miliki. Ide seperti itu akan membuat dapur kamu terlihat bersih dan rapi serta kamu akan memiliki ruang penyimpanan yang cukup, sedangkan tangga dengan desain unik akan menjadi elemen desain yang berani pada ruang tersebut.

dapur-bawah-tangga-minimalis-dengan-kabinet-kayu

Dekorasi lainnya

Alternatif lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan meletakkan beberapa lemari tepat di bawah tangga, dan ini adalah solusi yang lebih mudah, namun hasilnya dapur kurang rapi. Jika kamu tidak berniat menggunakan ruang di bawah tangga, kamu bisa menambahkan beberapa lemari di bawah tangga sebagai pantry atau penyimpanan dapur tersembunyi. Kamu harus mengukur dengan benar dan memilih lemari atau peralatan yang tepat agar sesuai dengan ruang dan dapur itu sendiri. Tambahkan juga pencahayaan pada ruang bawah tangga untuk memastikan dapur kamu terang dan nyaman.

Temukan lebih banyak inspirasi dapur bawah tangga di bawah ini!

desain-dapur-bawah-tangga-industri-yang-hemat-ruang

dapur-bawah-tangga-dengan-set-lemari-kaca-dan-wallpaper-tangga

desain-dapur-bawah-tangga-dan-meja-bar-bergaya-bohemian

dapur-bawah-tangga-dan-ruang-makan-berwarna-pastel

desain-dapur-bawah-tangga-putih-dan-meja-bar

dapur-bawah-tangga-bergaya-rumah-pertanian-modern

desain-dapur-mungil-bawah-tangga-estetik

dapur-bawah-tangga-maskulin-bergaya-industri

desain-dapur-terang-dan-terbuka-di-bawah-tangga

dapur-bawah-tangga-built-in-yang-fungsional

dapur-bawah-tangga-mungil-dengan-set-kabinet-warna-biru

ide-dapur-japandi-di-bawah-tangga-melayang

desain-dapur-dan-ruang-makan-modern-di-bawah-tangga

desain-interior-skandinavia-dengan-dapur-built-in-bawah-tangga

desain-dapur-kecil-bawah-tangga-dengan-pencahayaan-alami

dapur-kecil-modern-bawah-tangga-dengan-area-makan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *