Bangunan Jalan Bernuansa Kayu Di Jepang Untuk Eksperimen Sosial

bangunan-jalan-di-ichinomiya

Beruntung bagi kita yang tinggal di negara dengan kepedulian masyarakatnya yang cukup tinggi, coba kalau kamu tinggal di Jepang di mana tingkat kepedulian orang-orang di sana lebih rendah pada umumnya. Bagi orang Jepang yang sudah dewasa, mereka biasanya disibukkan dengan pekerjaan dan urusannya masing-masing karena budaya kerja di sana memang sangat tinggi. Nah, terinspirasi oleh masalah sosial inilah salah satu arsitek Jepang, ambientdesigns merancang sebuah bangunan jalan di Ichinomiya.

Proyek ini lahir dari untuk eksperimen sosial masyarakat Jepang sejak musim gugur 202i, bangunan jalan juga menjadi bagian dari Desain Ruang Berjalan Kota Ichinomiya. Eksperimen sosialnya sendiri dilaksanakan di Ginza-dori di depan Stasiun Owari, Ichinomiya. Saat ini arsitek telah menyelesaikan sebanyak 3 jenis bangunan dengan keseluruhan mencapai 16 unit yang membentuk lanskap.

desain-bangunan-jalan-untuk-eksperimen-sosial-di-jepang

Bangunan jalan awalnya memang dirancang sebagai bagian dari eksperimen sosial masyarakat Jepang. Selain proyek ini memang dikhususkan sebagai area istirahat, diharapkan tingkat kepedulian masyarakat bisa terus meningkat saat berada dalam satu tempat. Desainnya menganut budaya filosofi Jepang yang alami dan mengutamakan kesederhanaan. Hal tersebut terlihat dari penggunaan material kayu pada hampir semua unit bangunan. Ini adalah ruang publik yang ramah lingkungan sekaligus mendorong masyarakat untuk lebih peduli kepada sesama dalam sebuah tempat yang menyenangkan.

konsep-ruang-publik-jepang-dengan-nuansa-alami

ruang-publik-kayu-dan-halte-di-jepang

ruang-publik-kayu-dengan-pohon-bonsai-besar

ruang-publik-jepang-nyaman-dengan-bangku-kayu-aesthetic

ruang-publik-ramah-lingkungan-di-ichinomiya

tiga-unit-ruang-publik-jepang-untuk-eksperimen-sosial

desain-ruang-publik-ramah-lingkungan-di-jepang

detail-ruang-publik-bernuansa-kayu-dengan-meja-dan-bangku

desain-ruang-publik-kayu-di-jepang

ruang-publik-di-ichinomiya-jepang

arsitek: ambientdesigns

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *