5 Tips Yang Harus Kamu Tahu Saat Membeli Tanaman Online

tip-perhatikan-respon-penjual-tanaman-online

Taman indoor saat ini banyak digemari karena tidak membutuhkan area yang luas di luar ruangan. Tanaman hias pun kini tidak hanya bisa dibeli secara offline, melainkan juga dijual secara online di media sosial. Tidak hanya generasi muda, bahkan banyak orang tua lebih memilih untuk membeli tanaman online karena mudah dan ongkir yang cukup murah.

Seperti yang kita tahu, merawat dan mengoleksi tanaman bukan hanya membuat udara terasa lebih segar tetapi sekarang tanaman hias sudah menjadi bagian dari dekorasi rumah. Seiring perkembangan zaman, banyak orang beralih ke sosial media untuk berburu tanaman hias favorit, mulai dari Facebook, Instagram, Tiktok, dan penyedia toko online lainnya.

Namun, karena banyaknya permintaan dari konsumen maka tidak jarang jarang pula ada penjual yang menipu bahkan menjual barang rusak. Itulah sebabnya, bagi kamu yang suka sekali belanja online terutama tanaman hias, berikut ini 5 tips yang yang harus kamu ketahui agar tidak tertipu membeli tanaman secara online.

1. Lakukan Riset

tips-membeli-tanaman-hias-online

Sebelum kamu memutuskan untuk membeli tanaman online, pastikan kamu melakukan riset terlebih dahulu tentang tanaman apa yang memang kamu inginkan? Mulai dari mencari tahu jenis tanaman itu sendiri, hingga cara perawatannya. Pelajari apakah tanaman mudah dirawat atau membutuhkan usaha ekstra. Sehingga tanaman yang kamu dapat tumbuh subur dan cantik saat berada di dalam rumah.

2. Pilih Jenis Tanaman Yang Cocok Untuk Hunian

riset-sebelum-membeli-tanaman-hias-online

Ada banyak jenis tanaman yang ditawarkan secara online dan mudah kamu temukan. Namun, kamu harus memutuskan apakah kamu ingin membeli tanaman yang sudah jadi atau hasil stek? Pilih jenis tanaman yang minim sinar matahari atau membutuhkan banyak pencahayaan, hingga menentukan ukuran tanaman agar tidak malah merusak pemandangan. Gunakan stand tanaman dan pot yang serasi agar ruangan makin estetik.

3. Periksa Riwayat Penjualan

tip-memilih-tanaman-hias-yang-paling-cocok

Sebelum kamu memutuskan memilih toko online yang tepat, perhatikan juga riwayat penjualan tokonya. Jangan hanya fokus pada bintang 5, melainkan pada kuantitas penjualan dan peringkat bintang rata-rata. Pastikan toko memiliki track record yang bagus, bahkan mungkin akan kamu temukan beberapa ulasan negatif dari sekian banyak penjualan.

4. Respon Penjual

tips-melihat-riwayat-pembelian-tanaman-online

Selain melihat riwayat penjualan, sangat penting untuk melihat respon dari penjual. Lihat berapa persen riwayat chat penjual atau periksa apakah penjual menjawab ulasan tersebut dengan memberikan solusi. Penjual yang bertanggung jawab biasanya tidak keberatan melakukan retur ketika barang sampai tidak sesuai dengan pesanan atau terjadi kerusakan. Jadi, komunikasi dengan penjual sangat penting saat kamu ingin berbelanja online.

5. Jangan Tergiur Dengan Tampilan Dan Harga Murah

tip-jangan-tergiur-harga-dan-tampilan-tanaman-online

Harga bukan ukuran saat kamu ingin membeli tanaman online. Harga murah tidak berarti barang yang kamu terima akan bagus, dan sebaliknya harga mahal juga tidak menjamin tanaman yang datang akan sesuai dengan yang kamu harapkan. Jadi, pastikan kamu jangan tergiur dengan harga yang ditampilan tetapi selidiki dahulu point-point penting di atas.

Penjual biasanya menampilkan tanaman sedemikian rupa agar menarik minat pembeli. Tentunya, hal itu bukan menjadi faktor utama saat membeli sebuah tanaman. Hal paling penting yang harus kamu perhatikan sebenarnya adalah pastikan tanaman itu sehat, memiliki akar yang bagus, dan sesuai dengan tipe tanaman yang kamu pesan.

Semoga membantu,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *