7 Ide Taman Samping Rumah Untuk Mempercantik Eksterior

ide-taman-samping-rumah-yang-indah

Banyak orang sering mengabaikan taman samping dan hanya fokus pada taman depan rumah mereka. Alasannya, taman depan memang terbukti efektif menciptakan daya tarik di tepi jalan, bahkan dapat meningkatkan nilan rumah kamu. Namun, sisa taman juga tidak boleh diabaikan karena terkadang sudut-sudut kecil dan sempit di samping rumah memiliki dampak besar pada eksterior.

Jika kebetulan kamu sedang mencari cara menata ulang taman samping rumah, entah itu berukuran sempit atau ingin memanfaatkan lahan yang tidak terpakai, kamu mungkin akan tertarik mendekorasi taman samping. Bahkan, hal sederhana seperti memilih tanaman, atau membuat area duduk yang nyaman dapat benar-benar memberi perubahan yang besar. Taman samping kini tidak lagi digunakan untuk tempat menyimpan sampah atau barang-barang tua yang ingin kamu buang, melainkan jadi lebih bermanfaat.

Penasaran seperti apa ide taman samping yang akan mempercantik eksterior rumah? Kami telah mengumpulkan tujuh ide taman samping yang membuktikan bagaimana ruang yang direncanakan dan diatur dengan cermat dapat menciptakan lansekap dan jalur yang menarik. Dapatkan inspirasinya di bawah ini!

1. Jalur Taman

ide-jalur-taman-samping-dengan-tanaman-hias

Buka jalan menuju taman dengan membangun jalur taman menggunakan batu atau semen. Selain melindungi tanaman dari kerusakan, penggunaan jalan setapak juga mengajak siapa pun untuk bersenang-senang di luar ruangan. Kamu dapat menggunakan batu loncatan atau beton yang bersih agar sesuai dengan gaya taman yang lebih terstruktur dan formal, atau temukan potongan unik untuk menciptakan suasana yang lebih santau di jalur taman kamu.

desain-jalur-taman-batu-dan-semen

2. Taman Vertikal

ide-taman-vertikal-untuk-samping-rumah

Jika taman samping rumahmu benar-benar sempit, maka satu-satunya cara adalah membuat taman vertikal. Desain taman vertikal tidak akan menghabiskan banyak tempat, dan ada banyak pilihan yang sesuai dengan gaya kamu. Sebagai contoh, cobalah pilih tanaman hijau yang tumbuh di sisinya, seperti jenis tanaman pakis atau jika kamu masih punya ruang, gunakan dinding pot dengan tanaman hijau atau herbal. Agar lebih praktis, kamu juga bisa memilih jenis tanaman merambat untuk area yang sempit.

ide-taman-samping-vertikal-dengan-kawat-besi

3. Gapura bunga

dekorasi-taman-samping-dengan-gapura-bunga

Selain berbagai jenis tanaman dan pepohonan, kamu juga bisa menghias taman samping dengan berbagai jenis bunga. Ide paling populer adalah membangun lengkungan taman yang dipenuhi oleh tanaman merambat dan bunga mekar, menandai awal jalan setapak sekaligus pintu masuk ke taman.

gapura-bunga-taman-samping-dengan-elemen-kayu

4. Penanaman berlapis

ide-penanaman-berlapis-untuk-taman-samping-rumah

Buat taman samping rumah kamu terlihat subur dan rimbun dengan teknik penanaman dan penyertaan desain yang cerdas. Dalam hal ini, kamu bisa mencampur beberapa jenis tanaman yang berbeda seperti tanaman tropis di taman kering, atau menambahkan fitur air yang bertingkat ke dalam dekorasi.

desain-taman-samping-dengan-penanaman-berlapis

5. Mandi luar ruangan

ide-pancuran-luar-ruangan-di-taman-samping

Mandi di luar ruangan terasa sangat menyenangkan terutama saat cuaca di luar sangat panas. Itu benar-benar menyegarkan, mewah, dan tambahan yang praktis untuk area luar ruanganmu. Mereka juga alasan sempurna untuk mengunjungi ruang di samping rumah. Kamu hanya perlu membangun sedikit privasi, pancuran luar ruangan, dan beberapa area penyimpanan di sana.

ide-kamar-mandi-luar-ruang-di-taman-samping-rumah

6. Area makan luar ruangan

area-makan-terbuka-di-taman-samping-dengan-lampu-senar

Nikmati waktu bersantai hingga pesta makan kecil di luar ruangan. Ubah halaman samping menjadi area makan luar ruangan yang menyenangkan untuk kamu dan keluarga. Di sini, kamu bisa menambahkan beberapa set furniture atau meja dan kursi berukuran mungil. Kemudian, tambahkan tema seperti taman minimalis atau bernuansa antik.

ide-taman-samping-antik-dengan-area-makan-mungil

7. Kolam ikan koi

desain-taman-samping-rumah-dengan-kolam-ikan-koi

Siapa di sini yang pecinta ikan koi? Jika kamu salah satunya, jangan lewatkan untuk membangun kolam koi yang indah di samping rumah. Ini adalah ide favorit kamu karena halaman samping benar-benar dimanfaatkan dengan baik. Selain itu, kamu juga bisa membangun jembatan atau jalur batu di tengah-tengah kolam.

ide-kolam-ikan-samping-rumah-yang-segar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *