Idul Adha Di Rumah Saja, Simak 5 Tips Dekorasinya!

ide-dekorasi-idul-adha-di-rumah

Hari raya Idul Adha tahun ini mungkin akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Karena tahun ini kita sedang menghadapi pandemi maka perayaan Idul Adha pastinya juga akan dibatasi, baik untuk menggelar sholat eid ataupun pemotongan hewan kurban harus sesuai dengan anjuran pemerintah dan mematuhi prokes yang ada.

Jika biasanya setiap kurban bertepatan dengan ibadah haji, khusus untuk tahun ini juga ditiadakan. Sebagai umat muslim kita harus sabar dan bijak dalam menyikapinya, apalagi ini juga demi menjaga kesehatan dan mencegah penularan yang lebih banyak lagi.

Daripada kita harus marah atau kecewa, alangkah baiknya jika kita mau berbesar hati dan bisa menerimanya dengan cara menyambut Idul Adha penuh suka cita. Mendekorasi rumah selama Idul Adha adalah langkah terbaik untuk kita tetap mensyukuri nikmatNYA, dan cara ini juga efektif untuk meningkatkan imun kita.

Jadi, bagi kamu yang penasaran atau bingung di rumah mau ngapain. Berikut ini 5 tips dekorasinya!

Ciptakan ruang tamu yang meriah

Sebagai area utama untuk menyambut teman atau keluarga yang datang, ruang tamu adalah area pertama yang harus kamu beri perhatian. Menambahkan dekorasi Idul Adha ke ruang tamu akan membuat suasana makin meriah, kamu juga dapat membuat pernyataan dari interior di area tersebut.

Pilih perabot bergaya Timur Tengah, sofa atau kursi yang nyaman, bantal kursi dengan aksen boho, dan beberapa hiasan dinding Idul Adha.

desain-ruang-tamu-bertema-idul-adha

dekorasi-ruang-tamu-idul-adha

Hiasan dinding ruangan

Menambahkan hiasan dinding adalah cara sederhana yang akan membuat ruangan apa pun terlihat menawan. Sesuaikan dengan tema Idul Adha, kamu bisa menggantung hiasan kaligrafi atau lukisan bertema Islami yang sesuai dengan nuansa Idul Adha.

Untuk tampilan yang lebih unik, kamu juga bisa lho membuat sendiri hiasan dinding Idul Adha dengan beberapa proyek DIY.

dekorasi-dinding-idul-adha

Fokus pada meja makan

Selain sebagai ajang silaturahmi antar keluarga, tidak jarang momen Idul Adha juga dimanfaatkan untuk mengadakan jamuan makan bersama. Agar acara kamu makin maksimal, cobalah fokus pada meja makan dan dekorasi yang ingin kamu tampilkan.

Misalkan kamu ingin membawa gaya Timur Tengah ke meja makan, kamu dapat memilih beberapa aksesori khas Timur Tengah lalu letakkan di atas meja makan atau ruang makan bergaya lesehan. Namun jangan berlebihan dan tetap perhatikan kenyamanan.

ide-ruang-makan-untuk-idul-adha

ruang-makan-idul-adha-bergaya-lesehan

Pencahayaan yang hangat

Mengatur pencahayaan yang tepat sangat efektif untuk membuat suasana makin hangat dan nyaman. Cara paling mudah adalah menempatkan lampu senar dengan pencahayaan redup, tambahkan juga beberapa pencahayaan alternatif seperti lilin atau lentera saat malam hari.

ide-lampu-senar-idul-adha

ide-pencahayaan-idul-adha

Karpet nyaman untuk keluarga

Agar perayaan Idul Adha kamu makin nyaman bareng keluarga, cobalah untuk menempatkan karpet di ruang keluarga atau area di mana keluarga biasanya berkumpul. Tidak harus bermotif Timur Tengah, kamu bebas menempatkan ide karpet apa pun untuk Idul Adha asalkan nyaman.

dekorasi-karpet-idul-adha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *