15 Desain Balkon Cerdas Untuk Ruang Laundry Dan Jemuran

ide-jemuran-gantung-di-pagar-balkon

Musim hujan sepertinya masih akan terus berlangsung, dan jika kamu sudah tidak punya tempat lagi untuk menjemur pakaian, mengapa tidak memanfaatkan area balkon? Buka akses area yang paling sering terabaikan ini untuk memaksimalkan ruang yang kamu miliki. Dengan ruang laundry yang nyaman, tempat jemuran yang praktis dan pemikiran kreatif, desain balkon apapun dapat menjadi ruang cucian sekaligus jemuran yang terorganisir dengan baik.

Balkon mungkin hanya dimiliki mereka yang tinggal di apartemen atau kawasan perkotaan. Area kecil ini menjadi satu-satunya tempat yang terhubung ke luar ruangan, meskipun ada juga desain balkon tertutup yang mengedepankan privasi. Membuat ruang laundry dan jemuran di balkon adalah alternatif bagi kamu yang memiliki ruang terbatas di rumah. Selain itu, balkon bisa menjadi area untuk berbagai hal, mulai dari tempat bersantai, bekerja, atau hanya sekedar bersantai setelah seharian beraktivitas. Jika kamu memang butuh ruang ekstra selama musim hujan, mungkin ide balkon fungsional ini bisa kamu coba di rumah.

balkon-dan-ruang-laundry-dengan-ruang-kerja-mungil

Dinding yang dioptimalkan untuk penyimpanan

Di ruang kecil, triknya adalah menggunakan ruang kosong seperti dinding sebanyak mungkin. Area ini bisa berfungsi sebagai tempat rak pakaian, hanger, atau penyimpanan dinding lainnya. Letakkan lemari di bagian atas yang memberi kamu banyak penyimpanan yang mudah diakses dari meja laundry kamu di bawahnya. Sementara ruang di bawahnya dapat kamu gunakan sebagai sistem penyimpanan ekstra dengan rak dan papan pasak atau pegboard.

Ruang laundry di balkon

Balkon sebagai ruang laundry? Mengapa tidak. Sistem penyimpanan yang mudah disesuaikan membuat kamu dapat memaksimalkan ujung lain balkon untuk solusi ruang laundry yang nyaman. Kamu hanya perlu meletakkan mesin cuci di sana, ruang penyimpanan terbuka dan tertutup sudah ada diujung jarimu. Kamu bisa membuatnya berdiri atau membuat lemari khusus di balkon untuk mesin cuci tergantung seberapa luas balkon milikmu.

Jangan lupakan area jemuran, meskipun berada di ruang sempit tetap mudah dan praktis menggunakan rak jemuran atau jemuran gantung. Letakkan jemuran di area yang paling dekat dengan sinar matahari, seperti jendela jika balkon kamu tertutup atau menggantungnya di pagar untuk balkon terbuka.

Rak praktis untuk jemuran

Rak jemuran adalah solusi yang bagus untuk ruang kecil. Pilih desain rak yang dapat dilipat dan mudah disimpan untuk mengosongkan lantai setelah semuanya selesai. Ingatlah untuk membuka jendela balkon untuk membantu sirkulasi udara lebih banyak agar pakaian cepat kering. Tentunya, jika balkon kamu terbuka cukup pindahkan rak jemuran di tempat yang terkena sinar matahari.

Jika perlu buatlah ruang setrika

Ruang kecil bukan berarti kamu tidak bisa melakukan banyak hal. Jika kamu menginginkan ruang untuk menyetrika, pilih ide ruang setrika yang tidak memakan banyak tempat. Papan setrika adalah solusi mudah yang dapat dilipat dan disimpan tanpa menimbulkan kekacauan, atau jika balkon kamu cukup besar, cobalah menggunakan meja laundry sekaligus tempat menyetrika.

Berikut ini lebih banyak ide ruang laundry dan jemuran di balkon untuk kamu tiru!

desain-ruang-cucian-cerah-dengan-unit-penyimpanan-di-balkon

balkon-laundry-fungsional-dengan-keranjang-pakaian-gantung

desain-rak-jemuran-paraktis-di-balkon-laundry

inspirasi-balkon-keren-dengan-ruang-cuci-dan-jemur-multifungsi

ide-balkon-tertutup-dengan-ruang-cucian

ide-organisasi-ruang-cuci-dan-jemur-di-balkon

dekorasi-balkon-mungil-dengan-area-penyimpanan-laundry

desain-balkon-modern-dengan-ruang-laundry-dan-area-bersantai

balkon-laundry-minimalis-dengan-nuansa-putih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *