Begini Tips Agar Si Kecil Senang Membaca Buku!

ide-sudut-membaca-untuk-anak

Mari budayakan membaca sejak dini dengan mengajak si kecil menjelajahi dunia penuh petualangan berisi cerita dongeng untuk anak-anak. Di tengah era teknologi dan ponsel pintar, membaca buku seperti dilupakan sehingga banyak orang tua memilih cara yang lebih praktis. Namun, memanjakan anak dengan semua kecanggihan teknologi bukanlah cara yang tepat.

Itulah mengapa banyak orang tua sering mengalami masalah yang sama dan mengeluhkan anak-anak lebih senang bermain dengan ponsel mereka daripada harus dihadapkan pada lembaran buku. Tidak peduli semenarik apapun buku yang kamu beli untuk mereka, kamu tidak akan bisa membuat si kecil dengan suka rela untuk membacanya.

Jadi, apakah ada solusi untuk membuat si kecil senang membaca buku? Mungkin ini adalah harapan setiap orang tua, termasuk kami yang ingin melihat si kecil lebih senang berimajinasi dengan bukunya. Sebuah sudut baca yang biasa-biasa saja mungkin tidak menarik bagi mereka, namun kami punya beberapa tips dan cara yang pintar untuk menarik perhatian. Kami berharap setiap anak di dunia ini tumbuh dengan baik dan mengenal dunia dengan cara yang lebih indah!

Sudut baca ramah anak

ide-sudut-membaca-yang-ramah-anak

Ciptakan sudut baca sendiri yang dilengkapi area yang nyaman untuk meringkuk, si kecil akan semakin leluasa dengan konsep ruang terbuka. Membuat mereka nyaman dan serasa berada di luar.

Perabotan yang mendukung

furnitur-dan-aksesori-nyaman-untuk-membaca-buku

Tak hanya dekorasi ruangan, pemilihan perabotan yang mendukung juga penting untuk menjaga si kecil tetap fokus. Pilih bantal atau kasur lantai yang lembut, bantal kursi, dan sandaran dinding yang empuk.

Sudut baca untuk bersama

ide-ruang-baca-untuk-bersama

Membangun sudut baca untuk bersama terbukti ampuh menarik minat membaca si kecil. Buat ruangan yang bisa menampung lebih dari satu anak, kamu juga bisa memanfaatkan tepian jendela  dengan area membaca di bawahnya untuk sebuah sudut baca yang nyaman.

Dekorasi ruang favorit

ide-ruang-membaca-dengan-dekorasi-nyaman

Biarkan si kecil memilih dekorasi apapun yang mereka inginkan. Letakkan barang-barang dan aksesoris favorit mereka sebagai bagian dari dekorasi. Sebagai contoh sudut baca built-in ini dengan pencahayaan rantai cahaya yang hangat.

Rumah membaca di luar ruangan

ide-ruang-baca-di-luar-ruangan

Membaca buku akan lebih menyenangkan jika dilakukan di luar ruangan. Dengan rumah membaca sekaligus tempat bermain di mana si kecil bisa dengan bebas berimajinasi dengan buku favorit mereka.

Buat lebih menyenangkan

dekorasi-ruang-baca-dengan-seni-peran

Hidupkan suasana membaca dengan membacakan cerita dan seni peran. Cara ini berguna untuk membantu anak-anak membangun daya imajinasi, kemampuan berbahasa, serta keterampilan penting lainnya.

Dampingi si kecil

sudut-baca-anak-dengan-pendampingan-orang-tua

Setiap anak pasti butuh pendampingan orang tua saat memulai membaca sejak dini. Jika si kecil belum bisa baca, kamu bisa bacakan cerita atau ajari mereka cara membaca. Berikan perhatian agar si kecil tahu pentingnya membaca dan arti cerita yang ingin kamu sampaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *