20 Desain Ruang Tamu Ramah Dan Mengundang Khas Jogja

dekorasi-ruang-tamu-khas-jogja-unik

Yogyakarta bukan hanya tentang seni budaya dan kota pendidikan, masih ada banyak hal yang membuat kami rindu tentang kota ini, salah satunya adalah desain interiornya. Bagi siapa pun yang pernah tinggal di Jogja, entah karena urusan pekerjaan atau sedang menuntun ilmu, Jogja selalu menjadi kota yang ramah dan penuh kenangan. Tak hanya warganya, bahkan setiap sudut bangunan seperti mengisyaratkan bahwa kota ini sangat hangat untuk dikunjungi siapa saja.

Bicara tentang gaya interior Jogja, mungkin kurang lengkap jika kita melewatkan desain rumah Joglo. Gaya arsitektur khas Jogja ini menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya serta warisan yang harus dilestarikan. Terdiri dari soko guru yang memiliki makna tersendiri dengan empat tiang utama. Keempat tiang ini adalah simbol dari empat penjuru mata angin, yaitu barat, timur, utara, dan selatan.

Dan diantara gaya unik interior khas Jogja, ruang tamu paling menarik perhatian kami. Meskipun desain ruang tamu khas Jogja jauh dari kesan mewah namun pengaturan serta pemilihan furnitur yang apik menjadikannya sangat ramah dan mengundang. Pastinya kamu juga pernah berkunjung ke ruang tamu dengan aksen Jawa yang kental? Nah, kamu juga bisa lho meniru desain ruang tamu ini. Mari kita lihat!

desain-ruang-tamu-khas-jogja-modern

Ciri khas ruang tamu khas Jogja

Ruang tamu khas Jogja lebih menitikberatkan pada kesederhanaan dan kenyamanan penghuninya. Tak harus besar, gaya ruang tamu ini terdiri dari banyak elemen alami seperti penggunaan perabot serta ukiran kayu yang rumit. Selain itu, seluruh bagian ruang tamu juga tidak lepas dari sentuhan alam seperti dinding kayu hingga langit-langit, semuanya menampilkan kesan alami yang elegan. Ruang tamu khas Jogja memang dirancang untuk kalangan apapun, mungkin hal ini yang membuat gaya ruang tamu ini terasa nyaman. Konsep terbuka dipersilahkan karena orang Jogja percaya bahwa rumah dengan sedikit dinding akan menarik lebih banyak rejeki dan keberuntungan. Hal ini juga terkait dengan filosofi orang Jawa yang selalu ramah, terbuka dan tidak membedakan siapapun sebagai tamu.

ruang-tamu-joglo-bernuansa-kayu

Elemen desain interior khas Jogja

Sebelum kamu menetapkan hati untuk membawa ruang tamu ini ke dalam pengaturan berikutnya, ketahui dulu beberapa elemen yang menjadi filosofi interior khas Jogja! Seperti yang kita tahu, rumah Jogja menjadi ciri khas dari arsitektur Jawa, dan ini juga berlaku untuk desain ruang tamu. Pertama ada Pendopo yang menjadi bagian paling depan dari rumah sekaligus tempat menerima tamu. Kemudian ada Paringgitan yang menghubungkan antara pendopo dengan bagian rumah, Omah sebagai tempat tinggal utama, Dalem Agung yang terbagi menjadi beberapa bagian dan memiliki penutup, Senthong, dan terakhir Gandhok yang terletak di bagian paling belakang rumah.

Nah, jika kita perhatikan Pendopo menjadi fokus utama sebagai ruang tamu, dan berikut adalah beberapa desain ruang tamu khas Jogja favorit kami!

desain-ruang-tamu-joglo-di-teras-depan

desain-ruang-tamu-nyaman-bernuansa-klasik-di-jogja

ruang-tamu-bernuansa-kampung-jogja-yang-nyaman

ide-ruang-tamu-di-teras-depan-khas-jogja

dekorasi-ruang-tamu-joglo-bergaya-liburan

desain-ruang-tamu-terbuka-bergaya-joglo

ruang-tamu-jogja-minimalis-dengan-konsep-terbuka

ruang-tamu-joglo-tradisional-dengan-aksen-alami

desain-ruang-tamu-etnik-khas-yogyakarta

ruang-tamu-jogja-dengan-hiasan-dinding-wayang-kulit

desain-ruang-tamu-jogja-bernuansa-klasik

ruang-tamu-joglo-dengan-hiasan-dinding-wayang-dan-bale-bale

desain-ruang-tamu-bergaya-joglo-cantik-dan-terbuka

ruang-tamu-joglo-dengan-ukiran-kayu

ide-ruang-tamu-joglo-dengan-perabot-kayu

dekorasi-ruang-tamu-khas-jogja-legendaris

ruang-tamu-jogja-tradisional-yang-estetik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *