Cerahkan Ruangan Dengan 20 Ide Glass Block Minimalis Ini!

dapur-minimalis-dengan-dinding-glass-block

Konsep ruang terbuka memang punya banyak manfaat, namun terkadang kamu juga harus mengorbankan privasi untuk mendapatkan ruang yang dipenuhi cahaya alami. Memperkenalkan glass block atau sering disebut blok kaca merupakan sebuah material bangunan yang terbuat dari kaca tebal dan kuat, biasanya digunakan untuk membangun dinding, partisi ruangan, atau sebagai aksen dekoratif yang mempercantik ruangan. Meskipun terbuat dari kaca, glass block memiliki tekstur yang buram sehingga kamu tetap bisa menjaga privasi di setiap ruangan.

Seiring perkembangannya, glass block memiliki desain dan ukuran yang beragam, yang salah satunya bergaya minimalis. Selain mudah diterapkan pada dinding, glass block juga bisa sebagai pengganti jendela, sehingga meningkatkan intensitas cahaya alami yang masuk ke dalam rumah. Material ini memang cocok sebagai pengganti dinding maupun partisi ruangan. Glass block terbukti efektik meningkatkan daya tarik pada eksterior dan interior rumah, sekaligus tetap menjaga privasi penghuni di dalamnya.

Pada umumnya glass block dibuat dengan ukuran standar 20x2o cm dengan ketebalan sekitar 11 cm. Bahan utamanya memang dirancang untuk sebagai pengganti jendela, dinding, atau partisi ruangan. Nah, jika kamu suka dengan nuansa ruangan yang cerah, glass block adalah solusi terbaik yang harus dipertimbangkan!

dinding-glass-block-di-ruang-tamu-industri

Karakteristik Glass Block

Glass block umumnya memiliki bentuk geometris yang tegas berbentuk kubus atau persegi panjang. Ada juga glass block minimalis yang lebih menekankan kesederhanaan dalam modelnya, sehingga tidak memiliki desain yang berlekuk atau bentuk yang rumit. Menerapkannya ke dalam ruangan tidak akan membuat suasana terasa panas, dikarenakan glass block hanya membawa masuk cahaya alami namun tidak hawa panasnya. Berkat ketebalan dan rongga yang dimiliki glass block diklaim bisa menahan panas matahari, sehingga membuat ruangan lebih terang dan sejuk di dalam. Itulah sebabnya menerapkan glass block di dalam ruangan terbukti efektif untuk menghemat energi listrik. Bentuknya yang sederhana membuatnya lebih mudah dan cepat dalam pemasangan, dibandingkan jenis material lainnya tentunya hal ini menjadi keuntungan tersendiri. Glass block bisa direkatkan satu sama lain dengan menggunaan campurna air dan semen dengan perbandingan 1:3, mirip seperti pemasangan bata dan roster.

desain-dapur-vintage-dengan-dinding-glass-block

Ide Menerapkan Glass Block

Ada banyak cara mudah dan cepat untuk menerapkan glass block pada hunian kamu, namun perlu dipikirkan tentang ide susunan yang tepat sehingga tetap mengedepankan nilai estetika. Umumnya, glass block sangat ideal dipasang di dinding, jendela, maupun partisi ruangan, namun kamu juga bisa menyusunnya di ruangan lainnya untuk mendapatkan pencahayaan alami. Sebagai contoh, glass block di kamar mandi memungkinkan lebih banyak cahaya yang masuk ke ruangan kecil. Selain tahan terhadap kelembapan dan air, menggunakan glass block juga bisa membuat mandi terasa lebih menyegarkan tanpa harus memperhatikan privasi. Glass block juga bagus sebagai partisi ruangan, bahannya yang cenderung transparan menjadikan ruangan terasa lapang meskipun di area terbatas. Ide lainnya, gunakan glass block sebagai pengganti jendela rumah yang akan memberikan pencahayaan yang baik ke dalam rumah, atau jadikan pengganti dinding yang akan meningkatkan daya tarik visual baik di dalam maupun di luar ruangan.

Berikut ini beberapa ide glass block yang akan membuat ruangan apapun terlihat lebih cerah!

ruang-kerja-cerah-dengan-glass-block

desain-kamar-mandi-terrazo-dengan-pembatas-glass-block

ruang-makan-terang-dengan-glass-block

ruang-keluarga-mungil-bergaya-skandi-dengan-partisi-glass-block

ide-shower-kamar-mandi-nyaman-dengan-glass-block

ide-ruang-keluarga-nyaman-dengan-dinding-glass-block

ide-ruang-tamu-keluarga-skandinavian-dengan-dinding-glass-block

desain-interior-minimalis-dengan-partisi-glass-block

kamar-tidur-utama-dengan-pintu-geser-glass-block

gaya-ruang-industri-dengan-dinding-glass-block

desain-ruang-tamu-dengan-partisi-glass-block

dapur-kontemporer-modern-dengan-ide-glass-block

interior-japandi-dengan-partisi-glass-block

ide-glass-block-di-dinding-rangga-rumah

dinding-glass-block-cerah-di-dapur

partisi-ruangan-glass-block

jendela-glass-block-untuk-ruangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *