Unik Banget, Pondok Burung Ini Bisa Untuk Tempat Tinggal Manusia!

desain-pondok-burung-untuk-tempat-tinggal

Pernah kamu berpikir bagaimana rasanya tinggal di sarang burung? Para desainer di Studio North ini benar-benar mewujudkannya dengan pondok burung yang juga bisa menjadi tempat tinggal manusia. Terletak di pegunungan lembah Windermere, Inggris, pondok ini merupakan tempat peristirahatan di puncak pohon yang terletak di atas panggung kayu di sepanjang lereng bukit berhutan.

Tersembunyi dalam kanopi pohon, pondok ini dapat menampung dua orang, dua belas jenis burung, dan hewan penasaran apapun yang datang berkunjung. Selain menjadi tempat yang nyaman bagi orang yang ingin bersarang, fasad aneh ini memiliki dua belas sangkar burung yang masing-masing dirancang untuk berbagai burung lokal yang hidup di lingkungan sekitar. Terinspirasi oleh pembuatan sarang burung, bahan-bahan pondok burung juga diambil dari alam.

Pondok melayang di atas struktur penyangga silang yang dibangun dari pohon pinus dari hutan terdekat yang baru-baru ini dirusak oleh api. Platform dan penutup untuk gubuk terbuat dari papan yang direklamasi dari dek kabin tua. Sebuah jembatan menghubungkan gubuk burung ke lereng bukit dan jalan setapak batu mengarah ke mata air alami, sementara api unggun di lantai bawah akan menjadi penghangat saat malam. Tidak dipungkiri, ini adalah pondok tengah hutan yang menjadi impian setiap petualang.

desain-pondok-burung-dan-tempat-tinggal

Bahan, bentuk, dan orientasi sangkar burung dirancang untuk memberikan kesempatan bersarang bagi sebanyak mungkin jenis burung lokal. Dengan mempertimbangkan varietas burung lokal dari yang terbesar hingga terkecil, pondok ini bertengger 9 kaki dari tanah, dengan puncaknya pada 20 kaki di atas tanah dengan berbagai ukuran sangkar burung yang tersebar di antaranya.

pondok-burung-unik-untuk-tempat-persinggahan

Untuk memberikan kesan tersembunyi dan tenggelam dalam kanopi hutan, atap sangkar burung menghilang dengan menggunakan panel polikarbonat 8mm transparan. Akibatnya, ruang dipanaskan secara pasif oleh matahari, bertindak sebagai semacam rumah kaca yang diventilasi secara pasif oleh dua jendela lingkaran yang secara efektif menandai fasad dan pintu masuk.

dekorasi-atap-kabin-burung-di-hutan

desain-atap-transparan-di-pondok-burung-

dekorasi-tempat-tidur-nyaman-di-kabin-burung

desain-pondok-burung-tersembunyi-di-tengah-hutan

desain-rumah-pohon-sekaligus-pondok-burung

desain-rumah-pohon-sekaligus-pondok-burung

desain-atap-sekaligus-sarang-burung

interior-pondok-burung-dengan-tempat-tidur

pondok-burung-nyaman-saat-malam-hari

desain-pondok-burung-tengah-hutan-dengan-ide-pencahayaan

suasana-pondok-burung-di-malam-hari

desainer: studionorth

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *