Anti Gagal, Begini Tips Memilih Lampu Untuk Ruang Tamu

dekorasi-lampu-gantung-anyaman-di-ruang-tamu

Menentukan dekorasi ruang tamu yang tepat sangat penting untuk mendukung kenyamanan kamu dan setiap tamu yang datang. Untuk mendapatkan desain ruang tamu impian, kamu dapat mempercantik tampilannya dengan menambahkan penggunaan lampu hias dalam berbagai model yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan fungsi ruang. Selain furnitur dan aksesoris, pencahayaan bisa menjadi elemen dekoratif yang dapat meningkatkan estetika ruangan. Lampu hias kini tidak hanya berfungsi sebagai sumber penerangan saja, namun sekaligus memberi nuansa yang berbeda dan menambah kehangatan di dalam ruang tamu.

Memilih lampu hias yang tidak sesuai dengan konsep ruang tamu malah akan membuat ruangan terasa tidak nyaman, bahkan pencahayaan yang berlebihan malah akan mengganggu penglihatan yang bisa merusak suasana. Tidak hanya dilihat dari segi desain, lampu juga memiliki karakteristik dan tingkat pencahayaan yang beragam. Perlu diingat, sebelum kamu memilih desain lampu yang tepat, sesuaikan pula dengan aktivitas yang sering kamu kerjakan di ruang tamu.

Berikut ini lima jenis lampu untuk ruang tamu yang dapat menambah keindahan serta membuat nyaman setiap penghuninya.

1. Lampu gantung ruang tamu

ide-dekorasi-lampu-hias-untuk-ruang-tamu

Lampu gantung adalah desain lampu yang masih populer hingga saat ini. Sebelum kamu ingin menempatkan lampu gantung, sebaiknya sesuaikan dulu dengan luas ruangan yang kamu miliki. Jika ruang tamu berukuran sempit, pilih lampu gantung dengan desain sederhana atau minimalis, sebaliknya untuk ruangan yang lebih luas gunakan lampu gantung berukuran besar.

Usahakan lampu gantung juga tidak boleh mengganggu aktivitas, dalam hal ini harus memiliki ketinggian yang pas agar pencahayaan dapat menyebar dengan merata. Jadikan lampu gantung sebagai pilihan pertama kamu sebagai salah satu aksen ruangan yang menarik.

desain-lampu-gantung-estetik-ruang-tamu

2. Lampu meja ruang tamu

desain-lampu-meja-ruang-tamu

Selain menghemat banyak ruang, lampu meja juga menambah kesan estetik. Lampu meja biasanya digunakan sebagai pencahayaan ekstra yang dapat diatur sesuai kebutuhan. Selain itu, desain lampu jenis ini juga bisa menjadi pelengkap untuk meningkatkan dekorasi ruang tamu kamu. Memilih lampu meja yang tepat akan menciptakan suasana yang lebih hangat dan nyaman.

desain-lampu-dan-meja-samping-ruang-tamu-dengan-dinding-hitam

3. Lampu lantai ruang tamu

desain-lampu-lantai-anyaman-untuk-ruang-tamu

Lampu lantai sering digunakan pada ruang tamu sekaligus menjadi ruang baca. Selain membuat ruang tamu terlihat unik, lampu lantai juga memberi kesan tiga dimensi untuk jenis lampu tertentu. Letakkan mereka di sudut ruangan, dekat sofa, atau meja samping ruang tamu. Terdapat berbagai pilihan bentuk dan warna yang menarik sehingga mudah kamu terapkan pada gaya ruang tamu apapun.

desain-lampu-lantai-modern-ruang-tamu

4. Lampu dinding ruang tamu

ide-lampu-dinding-ruang-tamu-keren

Lampu dinding lebih terlihat modern dan canggih. Ide lampu ini menitikberatkan pada fungsi untuk menerangi detail-detail kecil atau sebagai pencahayaan ekstra seperti pada aksesoris, foto, lukisan, hiasan dinding, dan lainnya. Dengan adanya lampu dinding yang menyorot secara detail akan membantu untuk memfokuskan pandangan atau sebagai penerang saat ingin melakukan aktivitas apapun di ruang tamu.

desain-lampu-dinding-ruang-tamu-minimalis

5. Lampu senar ruang tamu

dekorasi-lampu-senar-untuk-ruang-tamu

Lampu senar atau sering dikenal dengan lampu rantai bukanlah lampu utama pada ruang tamu. Lampu ini adalah pencahayaan tambahan untuk menciptakan suasana agar lebih hangat dan nyaman. Pencahayaannya akan mengingatkanmu saat berada di kafe kekinian sehingga cocok untuk gaya interior modern. Selain itu, menambahkan lampu senar adalah ide terbaik jika kamu ingin menciptakan ruang dengan gaya romantis.

ide-ruang-tamu-nyaman-dengan-lampu-senar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *