Wajib Tahu, 7 Tips Menciptakan Ruang Tamu Seimbang Menurut Feng Shui

desain-ruang-tamu-feng-shui

Entah disadari atau tidak, lingkungan tempat tinggal memiliki dampak langsung pada kesejahteraan kamu secara keseluruhan. Itulah alasan banyak orang ingin membuat rumah mereka terasa seimbang agar selalu menjaga mood sepanjang hari. Dan ruangan apa yang lebih baik untuk memulai selain dengan menerapkan beberapa tips ruang tamu menurut feng shui.

Berasal dari praktik Tiongkok kuno yang berfokus pada Qi, kekuatan positif yang berkolerasi dengan cara mengatur objek di dalam ruang. Feng shui memiliki beberapa aturan yang mungkin sering kita abaikan, seperti memastikan bahwa bagian belakang sofa ruang tamu kamu tidak boleh menghadap pintu masuk hingga mengatur pencahayaan yang tepat, ada inspirasi feng shui mudah untuk membantu ruanganmu mengalir dengan seimbang.

Penasaran apakah ruang tamu di rumah kamu sudah sesuai dengan feng shui? Berikut beberapa tips ruang tamu dari pakar feng shui yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Bersiaplah untuk menjadikan ruang tamu kamu surga yang menenangkan untuk meningkatkan pikiran, tubuh, dan jiwa kamu.

Tetapkan niat dan tujuan ruang

dekorasi-ruang-tamu-seimbang-menurut-feng-shui

Ruang tamu dirancang untuk berbagai tujuan. Beberapa merupakan tempat menerima tamu, sementara yang lain menjadi tempat pelarian yang nyaman hingga dirancang sebagai area hiburan. Dan meskipun kamu dapat memilih warna, tata letak, dan dekorasi ruangan, ingatlah bahwa ruangan harus diperlakukan sebagai tempat berkumpul.

Pilih warna-warna berani jika rumahmu sering dikunjungi banyak tamu, sementara nada yang menenangkan sangat cocok diterapkan bagi mereka yang memiliki gaya hidup lebih santai. Jika ruang tamu sering menjadi area hiburan, tidak ada salahnya menampilkan warna-warna yang lebih energik seperti kuning dan oranye.

Masukkan lima elemen dasar

ide-ruang-tamu-feng-shui-dengan-lima-elemen

Seperti yang kita tahu, feng shui menerapkan lima elemen dasar yang biasa menjadi acuan sebuah ruang. Terdiri dari tanah, kayu, api, logam, dan air yang menggambarkan dunia fisik dan energik di sekitar kita. Jadi, menyeimbangkan lima elemen ini menjadi sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang harmonis. Kamu dapat melakukannya dengan dekorasi atau ditampilkan secara halus dengan cara lain, seperti menghindari warna merah lalu menggantinya dengan cetakan binatang hingga bentuk segitiga untuk mewakili elemen api.

Memilih warna, tekstur, dan bentuk

dekorasi-warna-tekstur-dan-bentuk-ruang-tamu-feng-shui

Feng shui biasanya menerapkan beberapa warna yang sudah populer sejak dahulu. Mulai dari warna netral yang hangat hingga abu-abu cerah, plus ada bentuk dan tekstur tertentu yang harus diperhatikan saat memilih perabot. Sebagai contoh, elemen bumi menggunakan furnitur rendah, persegi atau persegi panjang untuk membumikan ruang, sementara pilihan warna tanah yang hangat seperti coklat, emas, kuning, dan warna terakota menjadi pilihan terbaik.

Ada juga elemen kayu yang diwakili dengan garis vertikal, nuansa hijau, pola botani, dan furnitur tinggi. Api dengan bentuk segitiga, bahan kulit, cetakan binatang, dan seni abstrak. Logam dengan bulat dan lengkungan, warna metalik, abu-abu, dan pola lingkaran. Terakhir, ada elemen air dengan bentuk tidak beraturan dan melengkung, dan warna biru seperti samudra.

Biarkan rasa aliran yang mulus

ruang-tamu-feng-shui-dengan-aliran-seimbang

Aliran sangat penting untuk menjaga ruang kamu terasa kohesif di dunia feng shui. Ini bisa sesederhana saat kamu berjalan di ruang tamu dengan mudah atau mempertahankan ruang bebas dari kekacauan. Hindari menempatkan furnitur di area yang sering di lalui atau kamu akan menemukan diri kamu terjepit di antara kursi. Buka semuanya, dan mungkin keluarkan satu atau dua perabot untuk meningkatkan aliran Qi.

Pencahayaan yang tepat

ide-pencahayaan-ruang-tamu-feng-shui

Menerangi interior tidak boleh sembarangan karena semuanya harus seimbang. Kamu akan terkejut betapa penerangan dan pencahayaan yang buruk akan merusak mood kamu sepanjang hari. Sebaliknya, ruangan yang terlalu terang dapat menggangu aktivitasmu. Solusi terbaik adalah menempatkan beberapa jenis lampu, seperti lampu meja, lampu lantai, atau memadukannya dengan lampu langit-langit tinggi.

Hijaukan dengan dekorasi tanaman

dekorasi-ruang-tamu-feng-shui-dengan-tanaman-hias

Selain membuat ruang tamu terasa lebih segar, tanaman juga membawa elemen kayu ke sebuah ruang. Mereka menciptakan pertumbuhan dan vitalitas, tetapi juga menyembuhkan. Tanaman dipercaya mampu menghirup kehidupan ke dalam sebuah ruangan. Beberapa jenis tanaman yang direkomendasikan seperti berdaun bulat, sirih gading, atau tanaman bambu rejeki. Usahakan hindari tanaman berduri seperti kaktus dan pilih tanaman yang lembuat dan rimbun.

Buka jendela yang menyambut keberuntungan

ruang-tamu-feng-shui-dengan-jendela-terbuka

Membersihkan jendela dipercaya dapat membantu membawa lebih banyak keberuntungan dan kesuksesan dalam kehidupan kamu. Hal ini juga berlaku dengan membuka jendela untuk membiarkan energi positif masuk ke dalam ruangan. Secara kiasan, jika jendela kamu kotor dikatakan bahwa pandangan kamu juga kabur sehingga tidak dapat melihat peluang yang mengelilingimu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *