12 Desain Ruang Tamu Minimalis Dengan Tanaman Hias

desain-ruang-tamu-minimalis-bernuansa-alami

Ruang tamu selalu menjadi pusat perhatian dalam gaya rumah apapun. Alasannya ruangan ini adalah hal pertama yang orang lihat ketika datang ke rumahmu, bahkan banyak orang memanfaatkannya sebagai ruang keluarga. Dengan begitu, kamu harus memperhatikan desain ruang tamu agar terlihat indah dan nyaman meskipun di ruang kecil. Saat ini ruang tamu minimalis mungkin yang paling populer, gaya ruang tamu ini memang tidak membutuhkan ruangan yang luas dan lebih menganut desain yang bersih.

Namun, apakah ruang tamu minimalis saja sudah cukup untuk membuatnya terasa nyaman? Tanaman jika dimasukkan ke dalam dekorasi ruangan akan membawa nuansa alam dan warna alami ke ruang apapun, tidak terkecuali ruang tamu. Selain itu, penggunaan tanaman hias juga mampu membantu membersihkan udara dan membuat ruangan selalu segar.

Mendekorasi ruang tamu dengan tanaman hias kini banyak diterapkan pada hunian minimalis. Apalagi bagi kamu yang tinggal di kawasan perkotaan atau perumahan yang notabene memiliki lahan yang terbatas. Hadirkan nuansa alami dengan tanaman hias ke ruang tamu, dan berikut ini beberapa inspirasi untuk menghijaukan ruanganmu.

1. Rak dinding tanaman

Rak dinding tanaman adalah solusi praktis bagi ruang tamu berukuran kecil. Memanfaatkan area dinding kosong, kamu bisa menggantung rak tanaman berbentuk segi lima sebagai tempat meletakkan tanaman hias.

ruang-tamu-minimalis-dengan-rak-tanaman-segi-lima

2. Pembatas ruangan alami

Beberapa hunian minimalis sering menerapkan konsep ruang terbuka untuk membuat ruangan terasa lebih luas. Gunakan rak tanaman gantung sebagai pembatas ruangan, selain terlihat indah dan alami, tanaman gantung ini memudahkanmu saat ingin mengatur fungsi ruangan.

desain-ruang-tamu-alami-dengan-tanaman-gantung-pembagi-ruangan

3. Tanaman hias berukuran besar

Bagi penyuka gaya ruangan minimalis, biasanya ingin ruangan terlihat bersih dan tidak mencolok. Nah, kamu tetap bisa menambahkan nuansa alami dengan memilih sebuah tanaman hias berukuran besar. Letakkan mereka di sudut ruang tamu untuk menyegarkan suasana.

desain-ruang-tamu-minimalis-dengan-satu-tanaman-besar

4. Ruang tamu romantis

Jika kamu adalah pasangan muda yang baru punya rumah, tidak ada salahnya menciptakan suasana romantis di dalam rumah. Berikan sentuhan redup ke ruang tamu dengan rantai lampu lalu tambahkan beberapa tanaman hias besar untuk kesan alami.

ruang-tamu-bergaya-romantis-dengan-tanaman-hias

5. Ruang tamu modern

Gaya minimalis memang tidak bisa dipisahkan dari kesan modern. Meskipun ruang tamu ini berukuran kecil, namun konsep terbuka dan penempatan tanaman hias yang tepat membuat ruangan ini terasa nyaman.

ruang-tamu-modern-dengan-tanaman-hias

6. Mix & match

Salah satu kunci keindahan sebuah interior adalah bagaimana cara kamu dalam mencampur dan memadukan berbagai elemen menjadi satu kesatuan. Seperti desain ruang tamu ini yang terlihat estetik dengan kombinasi dinding galeri dan tanaman hias.

dekorasi-galeri-dinding-ruang-tamu-dengan-tanaman-hias

7. Ruang tamu bohemian

Gaya interior bohemian selalu identik dengan gaya yang bebas dan banyak terinspirasi oleh alam. Jadi, tidak heran jika ruang tamu bohemian selalu menggunakan tanaman hias dan aksesoris unik lainnya untuk meningkatkan dekorasi.

dekorasi-ruang-tamu-bohemian-bernuansa-alami

8. Ruang tamu hijau yang segar

Selain membawa tanaman hias ke dalam ruangan, pemilihan warna yang tepat akan membawa kesan alami yang kamu inginkan. Pilih warna-warna alam seperti hijau, coklat, dan warna-warna netral untuk menambah kesejukan.

ruang-tamu-warna-hijau-dengan-tanaman-hias

9. Ruang tamu dengan tanaman merambat

Jika tadi kita sudah melihat rak dinding untuk tanaman, maka kali ini ada solusi lebih praktis dan murah untuk meletakkan tanaman hias. Gunakan jenis tanaman merambat lalu pasang kawat dinding atau media sebagai area tumbuh tanaman.

desain-ruang-tamu-dengan-tanaman-hias-rambat

10. Ruang tamu bergaya maskulin

Suka dengan gaya maskulin untuk ruangan? Jika kamu sudah punya furnitur dengan gaya ini seperti sofa kulit, lampu industrial, warna dinding gelap, kamu bisa menambahkan tanaman hias yang keren sebagai pelengkap.

dekorasi-ruang-tamu-maskulin-dengan-tanaman-hias

11. Ruang tamu bernuansa tropis

Bagi kita yang tinggal di negara tropis, konsep gaya ini sering menjadi elemen yang menyatu dengan lingkungan sekitar. Kamu bisa membawa lebih banyak jenis tanaman tropis ke ruang tamu untuk kesan liburan yang mewah.

ide-ruang-tamu-minimalis-dengan-getaran-tropis

12. Ruang tamu alami yang terhubung ke luar ruangan

Banyak orang mencoba mengaburkan batas antara dalam dan luar ruangan. Selain membuat ruangan terlihat asri, menerapkan gaya ini ke ruang tamu akan membuat suasana benar-benar terasa berbeda. Kamu akan merasa seperti berada di hutan yang sesungguhnya.

ruang-tamu-alami-yang-terintegrasi-dengan-luar-ruangan

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *