5 Tips Memilih Karpet Lantai Untuk Setiap Ruangan

ide-dekorasi-karpet-lantai-untuk-ruangan

Membuat rumah terasa hangat dan nyaman dapat dilakukan dengan berbagai cara, dan salah satunya adalah menambahkan karpet lantai sesuai dengan fungsi ruangan. Penggunaan karpet lantai ini tidak hanya akan mempercatik interiormu secara keseluruhan tetapi juga memberikan pijakan lembut pada kaki. Banyaknya pilihan desain karpet lantai kadang malah membuat kita merasa bingung, kamu harus pintar memilih karpet lantai yang tepat agar sesuai dengan konsep dan dekorasi hunianmu.

Untuk rumah yang menggunakan konsep open floor plan, karpet lantai juga bisa menjadi penanda atau pemisah antara ruang yang satu dengan ruang lainnya. Bentuk, ukuran, serta bahan karpet sangatlah bervariasi dan tentu saja kamu tidak bisa sembarangan menempatkannya pada ruangan. Bagi kamu yang masih bingung desain seperti apa yang paling tepat untuk berbagai ruang di rumah, berikut adalah 5 tips yang harus kamu tahu sebelum memilih karpet lantai. Check it out!

1. Karpet lantai ruang keluarga

Ada banyak fungsi jika kamu menempatkan karpet lantai di ruang keluarga. Tidak hanya membuat seluruh keluarga merasa nyaman, karpet lantai juga bisa menjadi alas duduk ketika banyak keluarga yang datang berkunjung. Selain itu, karpet lantai di ruang keluarga sangat ramah anak. Melindungi si kecil ketika bermain di lantai, dan menjaga mereka tetap hangat. Untuk area ruang keluarga, sebaiknya pilih karpet lantai berukuran besar agar dapat mengakomodasi setiap anggota keluargamu.

ide-karpet-ruang-keluarga-bergaya-bohemian

Selain ukuran, pertimbangkan juga memilih bahan karpet yang lembut dan aman untuk digunakan. Sebagai contoh kamu bisa memilih karpet bulu yang lembut atau karpet anyaman bergaya bohemian untuk membuat ruang keluarga makin estetik.

ruang-keluarga-keren-dan-nyaman-dengan-karpet-lantai

2. Karpet lantai ruang makan

Karpet di ruang makan punya banyak fungsi dan keuntungan, selain membuat suasana makan makin terasa nyaman, karpet ruang makan juga digunakan untuk melindungi lantai dari tumpahan makanan atau goresan dari meja dan kursi. Dari segi tampilan, karpet lantai ruang makan memberi perasaan hangat sehingga kamu dan keluarga bisa menikmati obrolan yang lebih lama di area ini.

ruang-makan-bergaya-vintage-dengan-karpet-lantai

Pastikan ukuran karpet cukup untuk menampung meja dan kursi makan. Tujuannya adalah memastikan lantai kamu terlindung dari makanan yang terjatuh. Untuk bahan karpet, sebaiknya gunakan karpet lantai anyaman datar karena permukaannya yang rata sehingga lebih mudah dibersihkan tanpa harus menggeser meja dan kursi makan.

ide-karpet-bohemian-untuk-ruang-makan

3. Karpet lantai kamar tidur

Menambahkan karpet lantai di kamar tidur dipercaya mampu memberi mood yang bagus ketika bangun tidur. Sentuhan lembut di telapak kaki menjadi awal yang menyenangkan saat beranjak dari tempat tidur. Untuk area ini, sebaiknya gunakan karpet lantai berbahan bulu atau bertekstur lembut untuk kenyamanan dan kesan kamar yang lebih hangat.

ide-karpet-nyaman-untuk-kamar-tidur

Selain memperhatikan pola karpet yang indah, sangat disarankan untuk memilih bahan karpet yang tebal. Selain memberikan kesan ruang lebih hangat, karpet tebal dan padat juga meredam suara dan membuat permukaan menjadi lebih empuk.

ide-karpet-lantai-untuk-kamar-tidur

4. Karpet lantai kamar anak

Tidak hanya mempercantik kamar anak saja, karpet lantai juga dapat menjadi tempat bermain dan area beraktivitas yang menyenangkan untuk si kecil. Kamu dapat menempatkan karpet di kamar tidur atau ruang bermain mereka. Anak-anak cenderung aktif dan suka bereksplorasi, itulah mengapa sebaiknya memilih bahan karpet yang kuat dan mudah dibersihkan.

ide-karpet-bermain-anak

Jadikan karpet sebagai bagian dari permainan anak-anak dengan memilih pola atau gambar yang menarik. Namun, bagi kamu yang suka tampilan minimalis juga dapat memilih pola karpet sederhana dengan bahan yang agak tebal.

karpet-lantai-anak-yang-aman-dan-nyaman

5. Karpet lantai kamar mandi

Mungkin terdengar sedikit aneh, tetapi kamar mandi di rumah pun juga perlu ditambahkan karpet lantai. Sebuah keset kamar mandi mungkin sudah umum ditemui, namun bagaimana dengan tekstil atau karpet lantai dengan pola yang benar-benar indah? Karpet kamar mandi tidak hanya memastikan area di bawah wastafel tetap kering, tetapi juga memberikan pijakan yang lembut ketika kamu baru selesai membersihkan diri.

desain-karpet-kamar-mandi-yang-indah

Lantai kamar mandi yang biasanya licin kadang sedikit berbahaya, dan karpet lantai kamar mandi adalah tambahan yang bagus sekaligus mengamankan area di lantai kamar mandimu.

karpet-lantai-bohemian-untuk-kamar-mandi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *