Yuk Rencanakan, 7 Ide Desain Dan Dekor Mushola Di Rumah

ide-dekorasi-ruang-mushola-di-rumah

Bulan Ramadhan memang penuh ridho dan ampunan, sehingga bulan ini menjadi momen terbaik bagi setiap muslim berlomba-lomba dalam beribadah. Selain menjalankan puasa, salat lima waktu menjadi ibadah wajib yang membutuhkan tempat nyaman dan juga tenang. Namun, karena keterbatasan ruangan di rumah, salat biasanya hanyan dilakukan di mana pun seperti kamar tidur karena tidak memiliki ruang sholat atau mushola khusus.

Membangun mushola di dalam rumah sebenarnya cukup mudah dan tidak serumit yang dibayangkan. Tak harus punya area yang luas atau mengeluarkan anggaran yang besar, kamu juga bisa membangun mushola bergaya minimalis untuk menyiasati keterbatasan lahan. Dengan punya mushola kecil di rumah, memudahkan kamu dan anggota keluarga untuk beribadah, termasuk tamu yang datang ke rumah.

Jika kamu berencana ingin punya mushola di rumah, berikut ini kami telah mengumpulkan beberapa ide desain dan dekor mushola yang mudah diikuti. Yuk, simak dan dapatkan inspirasinya!

1. Manfaatkan setiap area yang kamu miliki

ruang-mushola-mungil-di-lahan-terbatas-dengan-pencahayaan-alami

Lahan yang sempit untuk mendapatkan ruang sholat yang nyaman. Cara paling mudah, tentunya menyatukan ruangan tertentu dengan ruang sholat seperti kamar tidur, ruang keluarga, ruang tamu, atau sudut ruangan yang sekiranya masih kosong. Tak peduli seberapa kecil ruang sholat, kamu bisa membuatnya terlihat indah dengan pengaturan dan ide dekorasi yang tepat.

2. Rak penyimpanan yang praktis

area-penyimpanan-peralatan-sholat

Perlengkapan sholat seperti sajadah dan mukena sering kali terlihat berantakan, apalagi jika ruang sholat yang kamu miliki berukuran kecil atau sempit. Solusinya, kamu perlu membuat rak penyimpanan yang praktis dan mudah di akses. Itu bisa apa saja, mulai dari lemari hingga rak berbentuk tangga yang mudah dibuat seperti gambar di atas.

3. Pajangan dekoratif bernuansa Islami

pajangan-ruang-mushola-cantik-di-rumah

Ruang sholat tidak harus selalu terlihat monoton. Cobalah menambahkan berbagai elemen dekoratif bernuansa Islami seperti poster, lukisan, atau pajangan dinding bertuliskan huruf Arab. Seperti bingkai Islami ini yang bisa kamu gantung atau hanya sekedar meletakkannya di atas meja.

4. Karpet lembut dan nyaman

ide-karpet-dan-sajadah-nyaman-untuk-ruang-mushola

Sangat penting menjaga kenyamanan terutama saat sholat karena dapat menambah kekhusyukan dalam beribadah. Caranya, tambahkan alas lantai yang menjaga kamu tetap nyaman saat melakukan aktivitas sholat. Selain sajadah, kamu juga bisa melapisinya dengan karpet atau permadani yang empuk dan lembut.

5. Segarkan dengan tanaman dalam ruangan

ide-tanaman-dalam-ruangan-untuk-mushola-minimalis

Tanaman dalam ruangan terbukti efektif memiliki banyak manfaat, tak terkecuali menempatkannya di ruang mushola. Beberapa jenis tanaman ini selain menyegarkan ruangan, juga akan mempercantik ruang sholat atau mushola di rumah.

6. Terhubung ke luar ruangan

mushola-mini-terhubung-ke-luar-ruangan

Selain menempatkan tanaman dalam ruangan, ada cara lebih baik untuk menciptakan ruang mushola yang sejuk dan nyaman. Konsep ruang terbuka selalu menjadi daya tarik tersendiri karena membuat ruangan terasa lebih luas dan lapang. Dari lantai kayu hingga terhubung ke luar ruangan, desain ruang sholat ini termasuk yang paling populer.

7. Sediakan area wudhu di dalam ruangan

ide-tempat-wudhu-dalam-ruangan-minimalis

Wudhu termasuk dalam syarat sahnya sholat. Itulah sebabnya membuat area wudhu sama pentingnya dalam merencanakan ruang sholat. Alih-alih melakukan wudhu di kamar mandi, kamu bisa membuat area khusus di dekat mushola atau ruang sholat sebagai tempat wudhu yang praktis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *