Indoor Tapi Fun: 20 Ide DIY Dari Kain Flanel

dekorasi-dinding-kaktus-dari-flanel

Sebentar lagi liburan Natal dan tahun baru. Dan jika kamu masih belum punya rencana apapun, mungkin kamu bisa membuat beberapa kerajinan tangan DIY untuk kamu coba di rumah. Sesuai namanya, proyek DIY (Do It Yourself) merupakan salah satu cara kreatif untuk menciptakan barang-barang atau dekorasi yang menarik sesuai keinginanmu. Hari ini ada begitu banyak ide DIY dari kain flanel, ini adalah jenis kain yang mudah dibentuk, sekalipun dalam potongan yang sangat kecil.

Felt atau sering disebut flanel di Indonesia adalah materi swakriya favorit. Tersedia dalam berbagai warna sehingga kamu dapat berkreasi membuat desain atau kerajinan apapun yang kamu sukai. Sedikit berbeda dengan bahan kain yang dipakai untuk membuat pakaian. Pinggiran kain flanel ketika tidak dipotong serat benangnya tidak bertiras, selain itu flanel memiliki karakteristik dan teknik menjahit yang sangat khas.

Dari hiasan dinding cantik, vas bunga, gantungan, hingga karangan bunga. Berikut ini beberapa ide DIY dari kain flanel untuk kamu coba di rumah!

dekorasi-karangan-bunga-flanel-berwarna-putih

Apa sih kain flanel itu?

Kain flanel merupakan salah satu jenis kain berbahan serat wool yang diproses tanpa ditenun. Tektsurnya yang sedikit kaku tapi lembut ini memudahkan siapapun untuk menciptakan berbagai kreasi dan kerajinan tangan DIY. Tingkat ketebalannya yang bervariasi menjadikan kualitas flanel berbeda-beda. Seperti jenis kain lainnya, kain flanel juga dibuat dengan berbagai pilihan warna dan tingkat ketebalan sesuai kebutuhan. Salah satu bahan kain flanel premium yang sangat populer yaitu kain flanel zephyr yang dipadukan dengan campuran sutra. Dengan karakteristiknya yang unik, kain flanel pasti menawarkan banyak kreasi tanpa batas sehingga banyak dipilih untuk memnuat berbagai produk kerajinan dan proyek DIY.

ide-pohon-natal-mini-dari-flanel

Kelebihan dan kekurangan kain flanel

Sebelum kamu memutuskan untuk mebuat sebuah karya dari DIY flanel, ada baiknya ketahui dahulu kelebihan dan kekurangan dari bahan kain ini. Dalam segi kelebihan, flanel termasuk bahan kain yang mudah dibentuk sekalipun dalam potoangan yang sangat kecil. Kain ini cukup unik karena jika pinggirannya kita potong, serat benagnya tidak bertiras. Bagi kamu yang punya budget minim pun tetap bisa membeli dengan ukuran kecil tanpa harus meteran. Selain harganya yang terjangkau, kain flanel juga mudah ditemukan di pasaran dengan pilihan warna yang menarik.

Kalau ada kelebihan pastinya ada kekurangan. Nah, kain flanel ini merupakan satu-satunya bahan kain yang tidak bisa dijadikan pakaian karena teksturnya yang tebal dan kaku. Dengan serat yang tebal inilah, kain flanel cenderung mudah kotor terutama jika kamu menempatkannya di luar ruangan. Meskipun tersedia dalam berbagai warna menarik, kain flanel jarang yang memiliki motif.

desain-taplak-meja-flanel-diy-tema-daun

Kerajinan DIY dari kain flanel

Setelah kita tahu karakteristik dari kain flanel maka dapat disimpulkan bahwa jenis kain ini memang paling cocok sebagai bahan kerajinan tangan. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat berbagai kreasi dari DIY kain flanel. Cara paling mudah adalah membuat hiasan gantung atau pajangan dekoratif berukuran mini, miniatur bunga dan tanaman hias, hingga berbagai aksesoris rumah tangga seperti taplak meja, alas gelas, bantal kursi, dan masih banyak lagi. Jika kamu tertarik mengisi liburan dengan cara kreatif, berikut ini beberapa inspirasinya yang membuat aktivitas indoor kamu jadi semakin menyenangkan!

gantungan-flanel-diy-bentuk-hantu-lucu

desain-keranjang-mainan-anak-diy-dari-kain-flanel

ide-gantungan-jamur-cantik-dari-flanel

dekorasi-gantungan-bola-flanel-warna-warni

diy-flanel-untuk-dekorasi-perapian

ide-gantungan-dinding-bentuk-awan-dari-flanel

ide-bantal-kursi-bentuk-rumah-dari-flanel

desain-pot-dan-tanaman-hias-dari-flanel

dekorasi-spanduk-diy-dari-kain-flanel

diy-karangan-bunga-flanel-untuk-musim-liburan

gantungan-dinding-flanel-bergaya-bohemian

dekorasi-gantungan-biskuit-dari-kain-flanel

desain-sukulen-mini-dari-flanel

ide-gantungan-dinding-boho-dari-flanel

ide-tanaman-hias-flanel-diy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *