Wajib Coba, 8 Ide Partisi Ruangan Yang Kekinian

ide-partisi-ruangan-kekinian

Hunian dengan konsep terbuka memang membuat ruangan terasa lebih luas. Apalagi jika kamu tinggal di rumah atau apartemen berukuran mungil, meminimalkan dinding tentunya menjadi pilihan paling efektif agar ruangan terasa lebih lapang. Namun, ruangan terbuka juga punya kelemahan terutama bagi kamu yang membutuhkan privasi di dalam rumah. Jadi, solusi apa yang paling praktis untuk tetap mendapatkan ruangan yang luas tetapi juga tetap menjaga privasimu? Partisi menjadi pilihan terbaik sebagai pengganti dinding untuk memisahkan fungsi dari setiap ruang.

Tak hanya itu, partisi juga membuat tampilan ruangan makin estetik dan tampak lebih luas. Partisi sangat berguna bagi rumah berukuran kecil atau kamu yang sering mengadakan acara dengan memanfaatkan ruangan luas namun tetap dapat menjaga privasi.

Kamu harus benar-benar jeli dalam memilih partisi agar sesuai dengan gaya kekinian. Desain partisi ruangan yang buruk tentu membuat ruangan yang kamu miliki juga terlihat buruk dan jauh dari kesan estetik. Jadi, ide partisi ruangan seperti apa sih yang bisa kamu coba di rumah? Berikut ini kami telah mengumpulkan beberapa inspirasi pasrtisi dan tip dekorasinya!

1. Partisi Tanaman

ide-partisi-tanaman-untuk-ruangan

Partisi tanaman merupakan salah satu jenis partisi yang paling banyak digemari. Selain membuat ruangan terasa lebih hijau, tanaman juga berfungsi sebagai sekat untuk memisahkan ruanga di rumah. Ide partisi ini sangat cocok bagi kamu yang memang hobi tanaman hias dan ingin menambahkan sentuhan hijau ke dalam dekorasi.

2. Partisi Rotan

ide-partisi-rotan-yang-keren

Rotan merupakan bahan material yang sering digunakan untuk furnitur kekinian, termasuk pada penggunaan partisi ruang. Selain kayu, rotan juga dapat memberi kesan sederhana dan minimalis. Biasanya berbentuk pintu dengan beberapa lapis tertentu yang bisa dipindahkan, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu.

3. Partisi Rak Buku

ide-partisi-rak-buku

Daripada membiarkan koleksi buku-buku dan majalah, mengapa tidak membuat partisi dari rak buku? Kreasi rak buku ini tak hanya praktis dijadikan partisi tetapi juga membuat ruanganmu lebih menarik. Kamu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk sebuah partisi, cukup gunakan rak buku yang sudah ada lalu letakkan di area mana kamu benar-benar membutuhkan privasi.

4. Partisi Kayu

ide-partisi-kayu-bernuansa-alami

Partisi kayu menjadi salah satu ide partisi yang paling banyak digunakan saat ini. Tampilannya yang minimalis dengan tekstur kayu alami dapat memberi daya tarik tersendiri pada ruangan. Agar partisi kayu tidak terlihat polos, kamu bisa gunakan dekorasi seperti hiasan dinding ataupun poster.

5. Partisi Pintu Geser

ide-partisi-pintu-geser

Pintu geser atau sliding door biasanya diterapkan pada interior bergaya minimalis. Terinspirasi oleh gaya Jepang, partisi pintu geser dapat membuat ruangan lebih terkesan indah dan efisien. Selain itu, ide ini lebih murah daripada harus menggunakan tembok sehingga dapat menghemat banyak anggaran.

6. Partisi Tirai

ide-partisi-tirai

Partisi tirai lebih cocok digunakan untuk ruangan bergaya boho atau Skandinavia. Konsepnya tetap terasa lapang meskipun menggunakan tirai pada hampir seluruh bagian ruang. Selain itu, ide partisi juga mudah diganti jika kamu merasa bosan.

7. Partisi Bambu

ide-partisi-bambu

Ingin suasana ruangan yang alami? Ide partisi bambu dengan cara menyusunnya secara rapi dan tepat bisa menjadi pilihan. Partisi bambu dapat memberi kesan alami, pedesaan dengan nuansa tradisional. Partisi bambu juga terlihat cantik dipadukan dengan tanaman dalam ruangan.

8. Partisi Kaca

ide-partisi-kaca

Partisi kaca dapat mengaburkan batas antara setiap ruangan. Ide ini memberi kesan modern dan mewah yang umum digunakan pada hunian kekinian. Sesuai namanya, partisi menggunakan bahan dasar kaca tembus pandang dan frame untuk memisahkan ruangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *