Yuk Meriahkan Imlek Dengan 20 Ide Dekorasi Cantik Untuk Ruangan

dekorasi-meja-makan-bernuansa-imlek-yang-indah

Jelang pergantian tahun, ada satu lagi perayaan liburan yang paling ditunggu karena kemeriahannya yaitu Tahun Baru Imlek. Tak bisa dipungkiri, kamu akan sering melihatnya saat berbelanja bahan makanan, hiasan Imlek di sepanjang jalan-jalan kota, bahkan dapat mencium dan merasakannya saat kamu duduk di kantor. Nah, jika kebetulan kamu termasuk yang merayakannya maka tidak ada salahnya untuk mendekorasi rumah dengan berbagai ornamen Tahun Baru Imlek.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, dekorasi Imlek banyak didominasi dengan warna merah. Pilihan warna ini dipercaya memiliki tradisi dan makna tersendiri bagi etnis Tionghoa. Jadi, menghias rumah untuk perayaan Imlek juga tidak boleh sembarangan. Selalu ada harapan baik yang disampaikan melalu setiap elemen dekorasi. Misalnya pemilihan warna merah yang dipercaya dapat mengusir segala nasib buruk bagi pemilik rumah atau karangan bunga yang melambangkan kemakmuran dan kesuburan.

Tahun baru Imlek adalah kesempatan yang tidak boleh dilewatkan ketika kamu ingin membuat suasana yang meriah bersama keluarga. Berikut beberapa ide dekorasi Tahun Baru Imlek untuk kamu terapkan di rumah, dan dapatkan inspirasi!

dekorasi-imlek-minimali-dengan-vas-bunga

Lampion

Lampion hampir selalu bisa ditemukan di setiap tempat. Lampion ini memang menjadi dekorasi wajib yang sering menjadi bagian dari perayaan seperti Festival Musim Semi dan Festival Pertengahan Musim Gugur. Hiasan gantung yang biasanya sering menjadi ikon Imlek menjadi daya tarik tersendiri saat diaplikasikan pada ruangan. Lampion gantung melambangkan kebahagiaan dan diyakini bisa membawa keberuntungan.

dekorasi-kue-imlek-diy-buatan-tangan

Potongan kertas

Potongan kertas merupakan salah satu kerajinan DIY yang tidak bolek kamu lewatkan saat Imlek. Terdiri dari berbagai macam potongan kertas yang biasanya direkatkan pada permukaan transaparan seperti jendela atau bagian lain yang tampak kosong. Desainnya bervariasi, namun biasanya berupa karakter atau tulisan Cina yang membawa keberuntungan seperti buah-buahan dan zodiak hewan.

dekorasi-lampion-untuk-tahun-baru-cina

Kuplet pintu

Kuplet Tahun Baru Imlek biasanya sering terlihat dipasang di pintu yang berupa harapan atau pernyataan baik. Ada juga ucapan Tahun Baru dalam tulisan Cina yang dipasang bersamaan, alasannya karena angka genap dikaitkan dengan keberuntungan dalam budaya Tiongkok. Kuplet merupakan sebuah karya kuas kaligrafi Cina dengan tinta hitam di atas kertas merah. Dua garis yang biasanya terdiri dari tujuh atau sembilan karakter dari kuplet ditempelkan di kedua sisi ambang pintu. Itu bisa berupa puisi tentang datangnya musim semi atau makna apapun yang diinginkan pemilik rumah.

dekorasi-meja-makan-imlek-dengan-karangan-bunga

Karakter Fu terbalik

Serupa dengan kuplet Tahun Baru, karakter Fu terbalik juga terbuat dari potongan kertas berbentuk ketupat yang ditempel di pintu atau di atas pintu masuk. Dalam maknanya, karakter Fu senagja dibikin terbalik yang berarti ‘nasib baik’ sehingga harapannya nasib baik dapat diterima oleh penghuni rumah.

dekorasi-ruang-tamu-estetik-untuk-imlek

Pohon Kumquat, Jeruk dan Pohon Mandarin

Pohon Kumquat dapat diterjemahkan sebagai keberuntungan. Ada juga Jeruk dan Pohon Mandarin yang memiliki arti yang sama. Dekorasi ini mungkin akan sering kamu lihat saat perayaan Tahun Baru Imlek, bahkan Jeruk sudah menjadi hidangan wajib yang harus ada. Berbagai ornamen Imlek ini sering digunakan untuk menyambut kekayaan, keberuntungan, dan kemakmuran.

dekorasi-ukiran-kertas-untuk-perayaan-imlek

Karangan bunga

Tahun Baru Imlek bagi warga Tiongkok juga sering disebut Festival Musim Semi sekaligus menandai awal musim semi. Tidak heran banyak aneka karangan bunga dari yang digantung di dinding, pintu, jendela hingga vas bunga yang menghias meja Imlek. Bunga mekar melambangkan datangnya musim semi dan harapan untuk Tahun Baru yang sejahtera. Adapun jenis bunga yang paling populer adalah bunga plum, anggrek, peony, dan bunga persik.

Berikut ini lebih banyak inspirasi perayaan Imlek yang akan membuat suasana di rumah semakin meriah!

dekorasi-vas-bunga-imlek-dengan-hiasan-lentera

desain-meja-kopi-bertuliskan-imlek

desain-ruang-tamu-untuk-tahun-baru-cina

desain-vas-bunga-imlek-DIY-sederhana

ide-dekorasi-imlek-untuk-ruangan-bernuansa-merah

ide-dekorasi-lampion-untuk-perayaan-imlek

ide-karangan-bunga-imlek-dari-keranjang-anyaman-bambu

ide-pengaturan-meja-makan-untuk-hari-raya-imlek

ide-pot-dan-pengaturan-meja-warna-warni-untuk-imlek

ide-sudut-baca-nyaman-untuk-imlek

ide-vas-bunga-cantik-untuk-hiasan-imlek

karangan-bunga-imlek-dengan-buah-jeruk

karangan-bunga-mini-untuk-hari-raya-imlek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *