10 Desain Rak Buku Kreatif Untuk Anak-Anak

ide-rak-buku-anak-terbaik

Mengenalkan buku pada anak-anak harus dimulai sejak usia mereka masih dini. Apalagi, di era digital seperti saat ini di mana gadget dan smartphone lebih mudah mempengaruhi anak yang malah berdampak buruk pada perkembangan mereka. Buku menjadi satu-satunya hal yang harus diajarkan tidak hanya di sekolah tetapi dapat kita mulai dari rumah dan lingkungan keluarga.

Kehadiran buku memang tidak terlalu menarik perhatian si kecil, dan untuk menyiasatinya kamu perlu desain rak buku yang tidak hanya kreatif tetapi juga harus disukai anak-anak. Bahkan jika koleksi buku anak di rumah sudah mulai menumpuk, agar lebih rapi dan mudah ditemukan, kamu tetap perlu rak buku untuk mengaturnya.

Adanya rak buku akan mempermudah si kecil menyimpan dan menemukan buku favorit mereka. Rumah pun akan selalu terlihat rapi dan bebas dari buku-buku yang berserakan, dan tahukah kamu jika rak buku ini juga dapat menjadi bagian dari gaya interior ruang anak lho? Supaya tidak penasaran, berikut ini 10 desain rak buku anak terbaik yang akan membuat si kecil punya hobi baru.

1. Rak dinding sekaligus gantungan baju

Rak buku di dinding mungkin sudah sering kita temui, namun desain rak dinding ini juga sekaligus sebagai gantungan baju. Tidak hanya buku kesukaan si kecil, mereka pun dapat menyimpan baju favoritnya.

desain-rak-dining-batu-dan-gantungan-baju

2. Rak berbentuk rumah

Cobalah menggunakan desain rak unik untuk menarik perhatian si kecil, seperti rak buku berbentuk rumah ini sekaligus area bermain. Desainnya yang lucu dan berwarna pink sangat cocok berada di kamar tidur anak perempuan.

desain-rak-buku-bentuk-rumah

3. Rak di bawah bangku

Kamu sedang mencari rak buku multifungsi? Letakkan bangku anak yang berfungsi sebagai rak penyimpanan buku di bawahnya. Perabotan fungsional ini adalah solusi yang ideal untuk ruang kecil.

ide-bangku-anak-dengan-rak-buku-penyimpanan

4. Perpustakaan mini

Jika kamu punya banyak sekali koleksi buku, mengapa tidak membuat perpustakaan mini di rumah? Agar lebih menarik, berikan bangku sebagai area membaca dan tirai berbentuk rumah.

ide-rak-buku-anak-dan-perpustakaan-mini

5. Rak terbuka

Saat anak mulai senang dengan buku-buku mereka, sebuah rak buku terbuka akan memudahkan mereka menemukan apa yang mereka cari. Desain rak seperti ini biasanya mampu menampung banyak koleksi buku, bahkan dapat menampung mainan dan benda-benda kecil lainnya.

desain-rak-buku-terbuka

6. Rak display

Desain rak display adalah model rak buku yang paling populer dan paling banyak diminati. Rak buku sederhana ini justru memudahkan anak untuk menjangkau dan menemukan cover buku yang mereka inginkan. Tentu saja, rak buku display tidak akan memakan banyak tempat di dalam rumah.

desain-rak-dinding-display-untuk-menyimpan-buku

7. Rak rotan

Ingin punya rak buku bergaya estetik? Desain rak buku ini terbuat dari rotan yang punya model menarik. Rak rotan juga sangat kokoh untuk menyimpan benda apapun, termasuk koleksi buku.

desain-rak-buku-dari-rotan

8. Kotak penyimpanan

Anak-anak mungkin sudah familiar dengan kotak mainan mereka. Nah, kamu juga dapat menggunakan desain seperti ini untuk menyimpan buku. Kotak penyimpanan ini akan menampung buku dalam jumlah yang cukup banyak.

ide-kotak-mainan-dan-rak-buku-anak

9. Rak dinding kayu

Rak kayu adalah material yang aman dan ramah anak. Jadi tidak heran jika bahan ini sering menjadi bahan terbaik untuk penyimpanan anak. Bentuk dan warna kayu alami juga membuat ruangan terlihat lebih segar.

desain-rak-dinding-kayu-untuk-anak

10. Rak built-in

Suka dengan sistem penyimpanan tersembunyi? Rak built-in mungkin yang selama ini kamu cari. Ide rak ini biasanya tersembunyi atau masuk ke dalam dinding sehingga lebih menghemat ruangan.

desain-rak-buku-anak-built-in

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *