23 Desain Taman Jepang Terbaik Untuk Hunian Minimalis

desain-taman-jepang-modern-dengan-dinding-beton-dan-elemen-bambu

Diantara sekian banyak gaya arsitektur dan interior Jepang, mungkin taman Jepang yang paling menarik perhatian. Desain taman ini memang populer dan paling dikenal oleh banyak desainer interior maupun eksterior. Di Indonesia sendiri, desain taman Jepang banyak diterapkan hunian bergaya minimalis bahkan tidak jarang untuk rumah-rumah di kawasan perkotaan.

Desain taman ala Jepang menawarkan banyak hal yang tidak dimiliki oleh taman pada umumnya. Selain punya banyak kelebihan baik secara desain yang unik, alami, tenang, dan sering memberi perasaan nyaman bagi siapapun yang melihatnya. Taman Jepang lebih menonjolkan keindahan alam dengan elemen penyusun artifisial yang sangat minimalis dan sebisa mungkin menghindari dalam perancangannya. Desain yang terisnpirasi alam ini memang mengedepankan elemen alami dengan fungsi estetika tertentu.

Banyak orang beranggapan membuat taman Jepang harus membutuhkan lahan yang luas, padahal taman Jepang menghadirkan kesederhanaan dan suasana alam yang tidak menghabiskan banyak tempat. Keindahan taman Jepang ini akan terasa nyaman sekali terutama bagi kamu yang biasa hidup di lingkungan perkotaan yang padat.

Dekorasi taman Jepang

Buat kamu yang saat ini merindukan suasana alami dan membutuhkan ide untuk merenovasi halaman belakang kecilmu, hari ini kita ingin berbagai beberapa tips mendekorasi taman kecilmu bergaya Jepang. Sebelum kita mulai, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi, mulai dari pemilihan tanaman hingga menggunakan elemen alami ke dalam dekorasi.

desain-halaman-belakang-minimalis-bergaya-jepang

Tanaman dan lanskap

Apapun desain tamanmu, memilih tanaman adalah hal pertama untuk menciptakan lanskap taman yang kita inginkan. Untuk taman Jepang, kamu bisa memilih tanaman yang tidak terlalu besar dan tidak harus berbunga. Bahkan beberapa desain taman lebih senang menggunakan jenis tanaman tropis seperti bambu, lumut hingga jenis tanaman bonsai. Selain tanaman ini memang habitatnya berada di alam, taman Jepang berusaha semirip mungkin dengan lingkungan aslinya.

desain-taman-bonsai-jepang

Elemen air

Salah satu elemen lain yang wajib ada di taman Jepang adalah air. Elemen ini memberi nuansa sejuk dengan fitur air seperti kolam ikan maupun pancuran. Elemen air dipercaya juga memberi aura positif ke dalam gaya dekorasi apapun. Kamu akan menikmati sejuknya air dingin dengan gemericik suara air yang memberi realaksasi.

desain-taman-bunga-cantik-bergaya-jepang

Elemen kayu

Karena taman Jepang menerapkan konsep alami maka tidak heran jika banyak elemen-elemen alam termasuk kayu. Elemen yang satu ini memang mendominasi desain taman Jepang karena meningkatkan kesan alami, tenang, dan juga memberi perasaan hangat yang nyaman. Biasanya elemen kayu ini bisa kamu temukan di pagar, gazebo, atau pancuran air.

desain-taman-jepang-alami-dengan-fitur-air

Kerikil dan bebatuan

Terakhir, kita punya elemen alami yang sudah sangat umum dilihat pada desain taman Jepang. Kerikil dan bebatuan sering diterapkan untuk menambah kesan alami seperti berada di pegunungan. Selain itu, penggunaan batu dan kerikil menjadi bagian dari lanskap taman Jepang atau sebagai jalur taman.

desain-taman-jepang-bergaya-pedesaan

desain-taman-jepang-cantik-untuk-halaman-belakang-kecil

desain-taman-jepang-dengan-elemen-zen

desain-taman-jepang-kecil-dengan-pancuran-bambu

desain-taman-jepang-minimalis-dalam-ruangan

desain-taman-jepang-modern-dan-minimalis

desain-taman-jepang-simple-dan-indah

desain-taman-jepang-untuk-area-kecil

ide-lanskap-jepang-alami

ide-lanskap-taman-jepang-minimalis

ide-taman-batu-bergaya-jepang

ide-taman-jepang-dengan-lumut-dan-elemen-alam

ide-taman-jepang-dengan-tampungan-air

inspirasi-taman-jepang-bernuansa-tropis

ruang-tamu-luar-ruangan-dengan-lanskap-jepang

taman-jepang-kecil-untuk-indoor-outdoor

taman-jepang-minimalis-dengan-jalur-taman-batu

taman-jepang-modern-dengan-patung-burung-flamingo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *