12 Desain Kolam Koi Minimalis Yang Tren Saat Ini

inspirasi-kolam-koi-minimalis-di-rumah

Saat kita membuat lanskap taman, ada beberapa elemen yang perlu diperhatikan. Mulai dari penataan tanaman, material, hingga fitur air yang membuat suasana taman jadi lebih menyegarkan. Saat ini, kolam ikan koi telah menjadi tren baru yang banyak diminati, dan jika kamu salah satu penggemar ikan hias cantik ini maka mendesain kolam koi yang tepat bisa membuat tampilan rumah jadi berbeda.

Ikan koi sendiri berasal dari Jepang. Ikan ini terkenal karena mempunyai ornamen yang indah dan sangat jinak, bahkan di negara asalnya ikan koi menjadi semacam simbol cinta dan persahabatan. Itulah sebabnya, ikan koi kini banyak dipelihara oleh pecinta ikan hias di Indonesia. Mereka percaya dengan memelihara ikan koi mampu mendatangkan keberuntungan bagi pemiliknya.

Seperti jenis ikan pada umumnya, ikan koi dapat dipelihara di dalam akuarium ataupun kolam. Namun, jenis ikan ini lebih disarankan untuk di dalam kolam karena ikan koi dapat tumbuh cukup besar saat dewasa. Selain itu, memelihara ikan koi di kolam juga bisa menjadi bagian dari dekorasi taman atau luar ruangan. Kolam ikan koi juga bagus sebagai sarana untuk bersantai. Lantas bagaimana jika lahan yang kita miliki sangat terbatas? Berikut ini beberapa inspirasinya dan tips membuat desain kolam koi minimalis!

1. Kolam Koi Aesthetic

desain-kolam-koi-aesthetic

Ciptakan kolam koi bergaya aesthetic di lahan terbatas. Kamu bisa memanfaatkan dinding untuk menempatkan dinding batu yang terkesan alami. Tidak lupa, lantai kayu menjadi bingkai yang indah untuk kolam koi minimalis.

2. Hutan Dalam Rumah

desain-kolam-koi-alami-di-bawah-tangga

Buat hutan di dalam rumah? Kenapa tidak memanfaatkan area kosong di bawah tangga untuk menciptakan lanskap indoor. Mulai dari kolam koi, pohon asli, hingga berbagai tanaman hias dalam ruangan. Area ini akan menjadi tempat terbaik untuk relaksasi.

3. Terhubung Dengan Alam

desain-kolam-koi-dengan-lanskap-alam

Konsep kolam koi di alam terbuka terasa menyatu dengan lingkungan sekitar. Jika kamu tinggal di daerah pegunungan atau pedesaan, tak ada salahnya membuat desain kolam koi yang terhubung dengan alam.

4. Memadukan Tanaman Hias

desain-kolam-koi-dengan-tanaman-hias

Ada garis tipis antara mereka yang menyukai tanaman dengan ikan hias. Kombinasi dua fitur taman ini pastinya memberi tampilan yang memukai untuk desain taman apapun. Jika kamu menyukai keduanya, cobalah menyatukan kolam koi dengan koleksi tanaman hiasmu.

5. Kolam Koi Minimalis

desain-kolam-koi-minimalis-dengan-lantai-kayu

Sore-sore waktunya memberi makan ikan! Meskipun desain kolam koi memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, tapi tetap terasa indah dan nyaman karena pengaturan yang cerdik. Ada lantai kayu, dinding batu, dan beberapa tanaman hias yang mempercantik tampilan kolam.

6. Kolam Koi Alami

ide-kolam-koi-alami

Desain kolam koi sangat cocok bagi kamu yang menyukai nuansa alami yang menyegarkan. Sekilas tidak terlihat bentuk kolam dan malah menyerupai aliran sungai. Kolam koi ini memang dirancang semirip mungkin dengan habitat aslinya.

7. Kolam Koi Berbentuk Akuarium

ide-kolam-koi-model-akuarium

Tidak ada yang aneh dengan kolam koi ini, namun ada perbedaan besar yang membuatnya terlihat unik. Kombinasi kolam ikan dengan akuarium bisa kamu terapkan jika kamu senang mengekspos ikan dan selalu ingin menikmati keindahan ikan koi. Letakkan kaca akuarium pada salah satu dinding kolam yang akan menarik perhatian.

8. Taman Kolam Koi

inspirasi-kolam-koi-di-halaman-belakang

Punya taman atau halaman kecil di belakang rumah? Selain membuat taman minimais, kamu juga bisa lho menempatkan kolam koi di area ini. Pastikan desain kolam koi menyatu dengan konsep taman, dan nikmati keindahannya setiap kamu membuka jendela.

9. Kolam Koi Untuk Bersantai

kolam-koi-minimalis-dengan-bean-bag

Siapapun akan betah menghabiskan waktu di dekat kolam koi ini. Ini bisa menjadi area favorit setiap keluarga untuk bersantai atupun melakukan berbagai aktivitas, seperti membaca buku hingga ruang kerja yang menginpirasi.

10. Kolam Koi Di Bawah Tangga

kolam-koi-minimalis-di-bawah-tangga

Jika lahan di bawah tangga rumahmu sempit, kamu tetap bisa membuat kolam koi yang menyatu dengan desain interior. Manfaatkan setiap inchi untuk kolam koi, tanaman hias, dan jika memungkinkan hubungkan dengan area luar agar terasa lebih luas.

11. Kolam Koi Rimbun

kolam-koi-minimalis-modern-dengan-konsep-alam

Tidak hanya fokus pada desain kolam koi saja, kolam ini juga sangat nyaman karena dibuat rimbun dengan banyak tanaman. Gunakan cat warna hitam untuk kolam yang kontras dengan lantai bernuansa kayu, kamu juga bisa menempatkan beberapa furnitur sebagai sudut nyaman untuk minum kopi.

12. Kolam Koi Dengan Sungai Buatan

kolam-koi-minimalis-tema-hutan

Ide terakhir sekaligus menjadi kolam koi favorit kami. Jika kamu menyukai desain kolam koi alami maka kamu bisa membuatnya semakin terasa nyata dengan konsep sungai buatan. Ini hampir seperti membuat aquascape dalam ukuran besar, padukan dengan tanaman, bebatuan, dan kayu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *